Workshop Pemberdayaan Perempuan Berbasis Gender Di Kab.Poso Tahun 2010

Poso – Wakil Bupati Poso Ir.T.Samsuri,M.Si Membuka Resmi kegiatan Workshop Perempuan yang berbasis Gender, di Hotel Wisata Poso (18/10)2010.
Hadir pada Pembukaan Workshop tersebut, Para Pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kab.Poso, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Organisasi Perempuan, LSM, Nara Sumber dari Pihak Akademisi Untad Palu Ratna Dewi Petalolo, SH,MH, Koperasi Dan UKM Kab.Poso serta undangan lainnya.
Wakil Bupati Poso Ir.T.Samsuri,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan wujud kita bersama untuk lebih memaksimalkan sumber daya manusia khususnya kaum perempuan sebagai bentuk keikutsertaan kaum perempuan dalam mengisi derap langkah pembangunan di daerah ini. Hal ini tentunya merupakan tujuan kita bersama, yang mana Kaum Perempuan dapat juga memberikan kontribusinya dalam Pembangunan di Daerah ini, yang pada akhirnya dapat dirasakan bagi kemaslahatan serta peningkatan kehidupan Keluarga dan masyarakat, serta kemajuan di Bumi Sintuwu Maroso.
Untuk itu, diharapkan kepada Kaum Perempuan agar dapat memperoleh serta meningkatkan Pengetahuan, pemanfaatan Iptek, Pelatihan Managemen, Kepemimpinan, dan memroleh keterampilan profesionalisme yang sangat diandalkan, yang kesemuanya itu akan bermuara pada kemajuan suatu bangsa dan daerahnya.Karena ini akan sangat menentukan kecerdasan, kemampuan, ahlak dan moral serta watak anak bangsa yang akan mengisi pembangunan dimasa kini dan masa yang akan datang. Ketika arus globalisasi ekonomi dan mobilitas tenaga professional makin melintasi batas-batas Negara, sumber daya manusia Indonesia yang bermutu kita pertaruhkan, maka disinilah akan dituntut Peran dari kaum perempuan untuk turut berperan aktif dalam memberikan sesuatu yang dapat membawa perubahan peningkatan bagi dirinya.Kaum Perempuan, diharapkan kedepan harus tanggap dalam mengamati dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan daya nalar dan daya kreasi pada setiap jenjang pendidikan dan pengetahuan.
 Melalui Workshop ini akan menjadi jembatan komunikasi secara periodic pemerintah Daerah dengan pihak baik dari lembaga swadaya masyarakat lainnya terkhusus yang berkaitan dengan aspek peningkatan pendidikan dan pengetahuan bagi kaum Perempuan melalui langkah-langkah strategis yang diformat dan aplikasi dari konsep kerjasama para penentu Kebijakan pada tingkat Pemerintah Daerah Secara utuh.
Diakhir sambutannya Ir.T.Samsuri,M,Si mengharapkan kiranya Workshop ini akan membawa mafaat yang besar bagi kita semua dalam menyatukan visi kedepan terutama dalam  peningkatan pendidikan dan pengetahuan bagi Kaum Perempuan yang lebih terarah yang pada gilirannya akan bermuara pada kemajuan  taraf ekonomi masyarakat Kabupaten Poso tanpa terkecuali.
Sementara itu, Panitia Pelaksana, Asmawati Gume dalam laporannya memaparkan bahwa pelaksanaan Workshop Pemberdayaan Perempuan Berbasis Gender ini berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak. UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekekrasan dalam Rumah Tangga. Inpres Nomor 9 tahun 2000 tentang pelaksanaan Pengutamaan Gender dalam pembanghunan Nasional, serta SK Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB No.185.45/ tentang kegiatan Workshop yang berbasisi gender tahun 2010.
Maksud dan tujuan dilaksanakannya workshop ini adalah wujud Kebijakan dan Program Pembangunan yang responsive Gender untuk meningkatkan peran serta Pemerintah dalam pembangunan sebagai upaya mendukung dan mengefektifkan Sumber Daya Manusia dan menjamin Perlindungan Hak Perempuan Ibu dan Anak, memperkuat kelembagaan dan jejaring kerja secara akuntabel, serta meningkatkan pengetahuan serta menambah wawasan tentang pemberdayaan Perempuan yang berbasis Gender.

1 komentar:

  1. hai..
    silahkan kunjungi http://jurnal.umy.ac.id/index.php/nabila untuk berbagai artikel perempuan dan gender. terimakasih

    BalasHapus