Humas Poso Gelar Dialog Interaktif Bahaya Narkoba


Poso – Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Bagian Humas Setdakab Poso yang bekerjasama dengan Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) menggelar kegiatan dialog interaktif, bertempat di Radio Swara Prajamukti Pemda Poso, Selasa, 1 Agustus 2009.
Dialog interaktif yang disiarkan secara live (langsung) selama kurang lebih satu jam ini, mengangkat tema “Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Generasi Muda.” Yang mana bertindak sebagai Moderator Kabag Humas Setdakab Poso Amir Kiat,SH, dan dua narasumber, yakni dari Dinas Kesehatan Poso Drs. M.Abdu .U, Apt.M.Kes serta dari Departemen Agama Kabupaten Poso Ust. H. Arifin Tuamaka,S.Ag,MM.
Saat dialog yang membahas bahayanya narkoba, Ustad Arifin Tuamaka, menyatakan, bahwa dalam pandangan Islam narkoba adalah salah jenis barang yang dikategorikan hukumnya haram bagi umat Muslim. Sebab ini juga tidak menutup kemungkinan sesuatu jenis barang yang membahayakan dan dapat membawa dampak buruk yang bisa merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain.
Ia juga mengutip dalam isi Al-Quran, banyak disebutkan kalimat khamer yang artinya sesuatu yang dapat menghilangkan akal sehat, salah satunya minuman keras dan sejenisnya termasuk Narkoba.
Olehnya ia mengharapkan bagi generasi muda agar, menjauhi segala bentuk perbuatan yang haram hukumnya dalam ajaran Islam. “Karena sesungguhnya generasi muda bangsa adalah sosok generasi yang bakal muncul sebagai obyek pembangunan dan sekaligus sebagai pelaku pembangunan bangsa kedepan yang berkualitas,” jelas Ustad Arifin Tuamaka saat menjawab beberapa pertanyaan dari masyarakat melalui live by telepon dan sms pada dialog interaktif.
Sementara kategori Narkoba dari segi aspek kesehatan, menurut M.Abdu, bahwa, tidak semua jenis narkoba dilarang, sebab masih ada sejenis obat lainnya yang masih digunakan para ahli medis ataupun para dokter dalam memberikan pengobatan tanpa jenis bahan narkoba. Tetapi ada juga yang tidak lagi digunakan indikasi medis dalam pengobatan seperti misalnya, morphin, ganja, dan ekstasi, karena disamping merusak kesehatan fisik juga merusakan kesehatan kejiwaan maupun mental seseorang.
Diakhir dialog, para moderator dan dua narasumber menghimbau kepada seluruh generasi muda maupun masyarakat umum agar menghindari dan menjauhi segala bentuk jenis barang haram (Narkoba) yang dapat merugikan kesehatan jasmani dan rohani.
Kegiatan dialog interaktif ini sebelumnya juga sudah menjadi program rutin yang dilaksanakan dalam seminggu sekali oleh Pemda Poso melalui Bagian Humas Setdakab Poso yang membahas berbagai topik, utamanya pada program-program pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Poso kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar