Pemerintah Kecamatan Lage Gelar Halal Bi Halal dan Pencatatan Nikah Massal

Poso Bupati PosoDrs. Piet Inkiriwang,MM, diwakili sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Drs. Amdjad Lawasa, MM Menghadiri Acara Halal Bi Halal 1431 H/2010 M dan pencatatan nikah missal, di Halaman SMA Al-Khairaat desa Tongko Kecamatan Lage, Rabu (13/10). Kegiatan tersebut, bertajuk “Transformasi Nilai nilai ajaran agama dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara”.
Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang,MM dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Drs Amdjad Lawasa MM menyampaikan bahwa Halal Bi Halal adalah merupakan tradisi yang sudah mengakar dalam kehidupan masyarakat, yakni saling berkumpul antar kerabat, maupun dilingkungan masyarakat sosial masyarakat lainnya. Ditambahkannya, makna halal bi halal diartikan sebuah bentuk silaturahim yang berisikan kekerabatan dan saling membahagiakan orang lain, dan dijadikan sebagai momen kehidupan untuk selalu berhalal bi halal dengan siapa saja tanpa memandang latar belakang suku, ras dan agama.
Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama DR H Nasruddin L Midu M Ag dalam hikmah halal bi halal mengajak kepada masyarakat lage khususnya yang hadir pada saat itu, untuk lebih mendekatkan diri dan mempererat hubungan antar sesama dan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.
Disatu Sisi, Ketua Panitia Asparat Hutuna dalam laporannya memaparkan bahwa tujuan kegiatan yang ingin dicapai adalah kegiatan ini merupakan wadah silaturahim antar umat beragama dan pemahaman bersama tentang makna Halal Bi Halal serta membangun kesadaran masyarakat tentang jalinan silaturahim.
Kegiatan ini juga dilangsungkan dengan Penyerahan buku nikah secara simbolis kepada 3 pasang perwakilan dari 32 pasang peserta pencatatan Nikah Massal, dan persembahan tarian JEPPENG oleh mahasiswa KKN UNISA Palu
Hadir pada kegiatan tersebut, para kepala dinas, badan, kantor, bagian di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Anggota DPRD H.Abdul Gani T.Israil, Sekretaris Camat Lage Efendi Syafi’I, unsur Tripika, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan serta undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar