Wabup Poso Lepas Tim Safari Ramadhan 1431 H/2010 M

Poso – Setelah diadakannya pasar ramadhan, dimana Pemda Poso sebagai fasilitator pengadaan pasar tersebut, kini Pemda Poso mengadakan safari ramadhan diberbagai wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Poso.
Tim safari ramadhan yang dilepas langsung Wakil Bupati Poso Abdul Muthalib Rimi,SH,MH, melibatkan para mubalig/ustadz dan pegawai negeri sipil di jajaran Pemkab Poso yang nantinya akan melakukan kegiatan shalat tarawih bersama di masjid diseluruh wilayah kecamatan yang masuk dalam jadwal kunjungan tim safari ramadhan.
Beberapa hal yang menjadi harapan dan perhatian wakil bupati saat pelaksanaan kunjungan kebeberapa kecamatan dalam hal safari ramadhan nantinya, kepada para da’i dan ustadz yang akan memberikan siraman rohani (ceramah) dan penguatan iman kepada jemaah mesjid, agar dapat menyampaikan pesan dengan tetap mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan serta rasa kebersamaan antara seluruh lapisan masyarakat. “Jangan kita memandang adanya suatu perbedaan agama, suku, ras, dan etnis yang ada di bumi sintuwu maroso, khususnya dalam kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini,” harap Wabup.
Wabup juga menyampaikan, melalui safari ramadhan dan juga safari natal yang dilakukan oleh pemerintah daerah merupakan salah satu bentuk perhatian khusus dalam menjembatani persoalan-persoalan kemasyarakatan yang timbul, yang dapat mengakibatkan pemicu-pemicu kecil sehingga hal ini dilakukan secara berkesinambungan.
Olehnya kepada instansi terkait pada pelaksanaan-pelaksanaan keagamaan seperti ini, Wabup Poso menekankan, agar lebih menjadi perhatian khusus seperti halnya pemberian dukungan dan fasilitas terhadap tim safari ramadhan begitu juga safari natal saat akan melaksanakan tugasnya. “Kepada bagian umum dan perlengkapan atau instansi lainnya, agar memperhatikan sarana transportasi/mobil yang akan digunakan para dai dan ustadz. Sebab ini yang menjadi kendala seperti tahun-tahun sebelumnya,” sorot wabup saat melepas tim safari ramadhan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama, bertempat di Rujab Wabup Poso, Jumat malam (14/8).
Disamping itu Kepala Kantor Kementerian Agama Poso Drs Nazarudin L.Midu,M.Ag saat memberikan ceramah pada pelepasan tim safari ramadhan dan buka puasa bersama di rujab wabup Poso, mengatakan, yang menjadi perhatian utama adalah para mubalig yang akan diturunkan di seluruh wilayah kecamatan di kabupaten Poso agar lebih menyampaikan dakwah-dakwah yang bermanfaat penuh hikmah dan kebijaksanaan. “hindari penyampaikan materi-materi khilafiyah dan fiqih, kedepankan materi akhlak dan materi-materi silaturahim. Karena kalau materi fiqih maupun khilafiyah yang kita kedepankan, maka pasti akan timbul benturan dengan para jamaah,” tekan Kakandep Nazarudin L.Midu.
Untuk pelaksanaan ataupun jadwal tim safari ramadhan di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Poso ini telah mengawali kunjungannya di Desa Kalora Kecamatan Poso Pesisir Utara, Sabtu (15/8), dan akan berakhir nantinya di Kecamatan Poso Kota.
Sementara itu Kabag Humas Setdakab Poso, Amir Kiat,SH saat menanggapi persoalan situasi dan kondisi keamanan kabupaten Poso, yang mana akhir-akhir ini kabupaten Poso telah berangsur kondusif, ia mengatakan, bahwa ini tak lepas peran dari pemerintah maupun TNI/Polri terlebih masyarakat yang ada di wilayah ini (Poso). “Terbukti masyarakat saat ini bisa merasakan kenyamanan, baik dalam melakukan aktifitasnya dalam keseharian maupun dalam menjalankan kegiatan-kegiatan keagamaan,” ungkap juru bicara Pemda Poso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar