Peringatan Upacara HUT Gerakan Pramuka ke-49 Dipusatkan di Bandara PLTA Sulewana

Poso – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka Ke-49 di Kabupaten Poso diperingati dalam upacara bendera, di bandar udara PT.Bukaka Tehknik Utama Desa Sulewana, Sabtu, 14 Agustus 2010.
Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati poso Drs.Piet Inkiriwang, MM. Upacara tersebut juga di ikuti oleh Asissten Pemerintahan dan Kesra sekaligus selaku Plh Camat Pamona Utara Drs.Lambang Bamonturu,Unsur Muspida, Tripika, para Pembina gugus depan, Pamong dan instruktur, anggota dewan kerja, Pandega, Penegak, Penggalang dan Siaga Gerakan Pramuka Kabupaten Poso, serta undangan lainnya.
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. Dr. dr. H. Azrul Azwar, MPH dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Bupati Poso menyampaikan bahwa Kaum muda merupakan bagian dari komponen bangsa yang sangat rentan tehadap pelbagai perubahan yang terjadi pada tata nilai dan budaya bangsa, itu sebabnya sangatlah penting peranan pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembetukan karakter bagi kaum muda.
Dewasa ini Pemerintah sedang bekerja keras melaksanakan pelbagai kegiatan untuk membangun dan membentuk watak, kepribadian dan ahklak mulia anak bangsa guna menjamin keberhasilan membangun masyarakat, bangsa dan Negara, antara lain dengan mempercayakannya kepada gerakan pramuka.
Lebih lanjut, dalam amanat tertulis Ketua Kwatir Nasional Gerakan pramuka mengajak para peserta didik untuk memegang teguh hakekat dasar pendidikan kepramukaan yaitu meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan yakni satya dan darma pramuka, dalam mempersiapkan kader pemimpin bangsa yang tangguh di masa depan sesuai tema peringatan Hut gerakan Pramuka ke – 49 tahun 2010 “Satu Pramuka untuk satu Indonesia”.
Diakhir amanatnya Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyampaikan harapannya, agar semua anggota Gerakan Pramuka untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan Gerakan Pramuka serta masa depan generasi muda di tanah air kita yang tercinta tana air Indonesia.
Sementara itu Ketua panitia pelaksana Drs.Petrus Sinlolidi dalam laporannya menyampaikan tiga hal yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan hari pramuka ke- 49 tahun 2010 yakni:UU no 20 tahun 2003, aturan dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka, keputusan musyawarah kerja kepalah sekolah SMP sentra Tentena, ada pun jenis kegiatan yang dilakukan dalam rangka peringatan hari pramuka ke – 49 tahun 2010 melakukan bakti social, ceramah, kegiatan kepramukaan, dan upacara, peserta yang ikut dalam kegiatan ini yaitu gabungan 13 SMP dari Kec.Pamona utara, Kec.Pamona Timur, Kec. Pamona Barat, dengan jumlah 1.366 orang.
Di akhir upacara, dilanjutkan dengan pelantikan anggota Siaga menjadi anggota Penggalang, serta pertunjukan atraksi dari peserta pramuka dan diakhiri dengan peninjauan lokasi perkemahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar