Bupati Poso Kukuhkan Paskibraka 2010 dan Lantik Pengurus PPI

Poso – Menjelang pelaksanaan upacara bendera dalam rangka 17 Agustus, Senin (15/8), pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) resmi dikukuhkan Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang MM. Pengukuhan yang ditandai dengan pemasangan kendit dan lencana kepada 60 anggota paskibraka, berlangsung di baruga Torulemba.
Selain pengukuhan anggota paskibraka 2010, Bupati Poso juga melantik langsung 35 pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Poso periode 2010-2015. Dimana sebelumnnya pelaksanaan seleksi calon paskibraka di tingkat kabupaten maupun kota ini, sesuai surat keputusan kepala dinas pemuda olahraga provinsi sulawesi tengah bernomor 427/05.28/POR tanggal 2 Februari 2010. Dan surat keputusan kepala dinas pemuda olahraga kebudayaan dan pariwisata kabupaten Poso nomor 243/104/Disporabudpar tertanggal 29 Maret 2010 tentang seleksi calon peserta paskibraka tingkat Kabupaten Poso tahun 2010.
Dalam amanatnya saat melantik/mengukuhkan pengurus PPI dan anggota paskibraka, Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang MM mengatakan, betapa penting dan perlunya pembinaan mental maupun fisik kepada para calon anggota paskibraka, sebab di bumi tanah air (Indonesia) ini dibutuhkan suatu peran bagi seorang pemuda-pemudi. “Pemuda dan pemudi di tanah air ini adalah sebagai generasi penerus bangsa yang bisa menjadikan modal kuat dalam mempertahankan dan memperkokoh bangsa Indonesia,” tegas Bupati
Bupati Poso juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pengurus dan pelatih paskibraka yang telah berusaha melatih dan membina para anggota paskibraka. “Kepada seluruh anggota paskibraka yang telah dikukuhkan, agar selalu menjaga stamina dan kondisi tubuh kalian. Sehingga pada puncak perayaan upacara bendera HUT RI ke-65 tahun 2010, kalian bisa melaksanakan tugas dan fungsi sebagai paskibraka saat di lapangan dengan kondisi dan stamina yang baik. “Tampilah semaksimal mungkin, sehingga dapat meninggalkan kesan yang baik,” pesan Bupati dalam amanatnya saat melantik anggota paskibraka, di baruga Torulemba, Minggu malam (15/8).
Menurut Hamran R.Toripalu selaku penanggung jawab pendidikan dan pelatih paskibraka Poso tahun 2010, menyampaikan, bahwa calon peserta paskibraka diambil dari siswa-siswi SMA,SMK negeri maupun swasta yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Poso. “Mereka (anggota paskibraka) berasal dari 9 kecamatan yang ada di kabupaten Poso, seperti Kecamatan Poso Kota, Poso Kota Utara, Poso Kota Selatan, Kecamatan Lage, Kecamatan Pamona Utara, Pamona Selatan, Poso Pesisir, Poso Pesisir Selatan, dan Kecamatan Poso Pesisir Utara,” rincinya.
Sebelumnya kata Hamran Toripalu, pelaksanaan pelatihan peserta paskibraka yang dipusatkan di lapangan Maroso Poso berlangsung kurang lebih selama 3 bulan (25 Mei – 15 Agustus 2010). “Walaupun kami mendapatkan hambatan di lapangan dalam pelatihan, tetapi kami dan para ketujuh pelatih yang berasal dari PPI tetap berusaha semaksimal mungkin,” keluh Hamran pada pengukuhan paskibraka.
Pelantikan/pengukuhan yang ditandai dengan penyerahan pedang pora kepada komandan paskibraka untuk pengibaran bendera dan komandan paskibraka untuk penurunan bendera, dihadiri unsur Muspida Poso, para pejabat di lingkup Pemkab Poso, pejabat TNI/Polri, para orang tua seluruh anggota paskibra, serta para tamu undangan.

1 komentar:

  1. Salam Hormat,

    Selamat telah mengabdi untuk nusa dan bangsa

    Sehat dan Sukses Selalu
    SULTENGPPI
    www.sultengppi.blogspot.com

    BalasHapus