Danyon 714 SM Pimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Poso - Dalam rangka menjelang detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 65 pada tanggal 17 Agustus 2010, seluruh pejabat Pemda Poso beserta para pimpinan dan jajaran TNI/Polri melaksanakan upacara apel kehormatan dan renungan suci di taman makam pahlawan (TPM) Kawua, Kelurahan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso, Selasa (17/8). Upacara apel kehormatan dan renungan suci yang dilangsungkan tepat pukul 24.00 Wita atau jam 12 malam dini hari merupakan agenda rutin dalam menghadapi HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.
Pelaksanaan renungan suci untuk mengenang para pahlawan, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Batalyon 714 Sintuwu Maroso Letkol Inf Satyo Arianto. Sedangkan Komandan Upacara Kapten Inf Ruru Sejati.
Danyon 714 SM Letkol Inf Satyo Arianto dan jajaran Muspida tiba di lokasi TMP sekitar pukul 23.55 Wita dan langsung menuju tempat upacara dilaksanakan dalam suasana temaram. Dalam suasana hening, Danyon Satyo Arianto memimpin renungan suci kurang lebih sekitar 20 menit untuk menghormati jasa pahlawan.
Upacara yang diawali dengan penghormatan awal kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh komandan upacara, ditandai dengan pemasangan sangkur. Juga saat laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara, diiringi pemadaman lampu penerangan sekitar TPM Kawua yang dilanjutkan dengan penyalaan obor.
Pada pembacaan teks apel kehormatan dan renungan suci oleh Irup Satyo Arianto menyampaikan, bahwa ada 86 pahlawan yang bersemayan di TMP Kawua, 1 diantaranya seorang pegawai negeri sipil Poso.
Setelah pembacaan teks apel kehormatan, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan dan diteruskan dengan peletakan karangan bunga oleh Irup Sayto Arianto. Begitu juga dilangsungkan dengan penyalaan obor dan lilin-lilin diatas makam pahlawan oleh anak-anak pramuka di setiap pemakaman.
Diakhir acara yang juga dihadiri oleh para unsur Muspida, ditutup dengan pembacaan doa dan ditandai dengan penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh komandan upacara dengan pelepasan sangkur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar