Di Poso Upacara HUT RI ke-65 Berlangsung Khidmat


Poso – Berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara yang sediakalanya dilaksanakan pada hari-hari biasa, kali ini upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) proklamasi Republik Indonesia (RI) ke-65 dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Walaupun saat mengikuti upacara HUT RI dalam kondisi berpuasa bagi umat Muslim, kegiatan ini tetap berjalan secara khidmat tanpa ada kendala.
Pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera, bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang MM, Ketua DPRD Poso Ir. Janny Mamuaja sebagai pembaca naskah teks Proklamasi, dan komandan upacara Kapten Inf Nimet C.Yanis. Upacara ini diiringi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang berasal dari siswa-siswi pilihan dari sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Poso.
Seusai berlangsungnya upacara ini, dibacakan pengumuman penghargaan yang telah diterima oleh Bupati Poso dari Pemerintah Pusat, yaitu dari Koperasi dan UKM berupa penghargaan satya lencana wira karya dibidang Koperasi dan UKM yang diserahkan oleh Presiden RI pada perayaan puncak hari koperasi tingkat nasional ke 62 di Samarinda. Dari Badan Ketahanan Pangan penghargaan karya I tingkat nasional bidang ketahanan pangan yang diserahkan oleh Presiden RI kepada Bupati Poso di Istana Negara Jakarta, dan juara pertama lomba cipta menu bidang ketahanan pangan tingkat propinsi yang diraih oleh TP PKK Kabupaten Poso mewakili TP PKK Propinsi Sulteng pada lomba Cipta Menu tingkat nasional bulan Oktober 2010 di Nusa Tenggara Barat. Dari BKKBN Pusat berupa penghargaan Manggala Karya Kencana bidang KB tingkat nasional dari Presiden RI yang telah diserahkan oleh Wakil Presiden RI Buediono pada perayaan puncak Harganas tingkat nasional tahun 2010 di Palu Sulawesi Tengah.
Disamping itu juga, dilangsungkan dengan penyerahan penghargaan secara simbolis oleh Bupati Poso bersama unsur Muspida dan Sekkab Poso kepada penerima satya lencana karya satya 10 tahun atas nama Herlina Cega SPd seorang guru SDN 10 Poso, Satya Lencana Karya 20 tahun atas nama Feronika Pasereng S.Sos pegawai BKD Poso, dan 30 tahun kepada Guru SDN 11 Poso atas nama Bertha Mathilda Gento Ama.Pd. Juga penyerahan SK PNS Purna Bhakti kepada Maswa Lapangadja guru SDN 1 Toyado Kabupaten Poso, penyerahan juara lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten Poso kepada Kelurahan Tegalrejo sebagai juara pertama tingkat propinsi, dan kepada Desa Tamadue Kecamatan Lore Timur.
Untuk penyerahan piaga penghargaan Bupati bagi awak kendaraan umum terbaik satu diberikan kepada Abd Hais Ayuba pengemudi PO Alugoro Poso, kedua kepada Welly Tangkilisan pengemudi PO Lemba Buga Manila Wuasa, dan ketiga kepada Kristo pengemudi PO Mori Indah Tentena. Dan juga penyerahan remisi umum kemerdekaan RI tahun 2010, berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor W26.PK 01.01.02 tahun 2010 yang diserahkan secara simbolis kepada Jery Dala dan James Tangari yang masing-masing mendapat remisi 1 bulan.
Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 65 yang dipusatkan di lapangan Sintuwu Maroso Poso, Senin 17 Agustus 2010, berlangsung sejak pukul 10.00 Wita, dan dihadiri para unsur Muspida Kabupaten Poso, para pejabat Pemda Poso, PNS, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda/perempuan, tokoh masyarakat, organisasi pemuda/kewanitaan, unsur TNI/Polri, para guru, siswa-siswi, mahasiswa serta BUMN/BUMD, serta para tamu undangan lainnya.
Sementara dihari yang sama, (17/8), tepatnya pada pukul 17.00 Wita dilanjutkan upacara penurunan bendera, dimana bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Poso AKBP Roemtaat dan komandan upacara AKP Duka Beddu. Pada upacara pengibaran dan penurunan bendera juga dilakukannya penyerahan dan penjemputan Pataka oleh Anggota Paskibraka kepada inspektur upacara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar