HUT Koperasi ke-63 di Poso

Poso –Rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi ke- 63 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2010 Dinas Koperasi dan UMKM menggelar acara syukuran di Halaman Kantor Dinas UMKM Poso 27/07 bertema “ Bangkit Koperasi Untuk Kesejahteraan Rakyat “.

Bupati Poso yang diwakili Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab. Poso Drs. Andi Rahmatullah Yusuf dalam sambutanya mengatakan bahwa upaya pemberdayaan koperasi bukanlah semata-mata menunaikan kewajiban konstitusional, melainkan juga pilihan terbaik untuk mengatasi lemahnya kondisi ekonomi sebagian masyarakat didaerah ini. Menguatnya globalisasi ekonomi menimbulkan tantangan terhadap koperasi sebagai organisasi ekonomi yang berbasis orang (member based association). Banyak pihak mulai meragukan efektifitas nilai dasar koperasi dan prinsip-prinsip yang ada dalam menghadapi tantangan baru dari kekuatan modal, sehingga banyak koperasi yang mulai menerapkan manajemen perusahaan yang berbasisi modal, akibatnya kepentingan anggota dirugikan dan eksistensi koperasi menjadi kabur karena tidak berada dalam koridor jati diri koperasi.

Diakhir sambutannya Bupati Poso mengucapkan selamat kepada seluruh warga pengurus koperasi bersama anggotanya, semoga diusia ke 63 ini koperasi lebih maju dan lebih meningkat dan lebih mengutamakan pelayanan yang terbaik bagi konsumen demi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakyat.

Disisi lain Dalam Sambutannya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Rusnah Mangun, SE, Msi mengatakan sesuai data yang ada bahwa jumlah koperasi di Kabupaten Poso 194 unit dengan anggota 24.994 orang dari jumlah tersebut koperasi yang aktif sejumlah 169 unit atau 87, 11 %. Pada tahun 2010 jumlah koperasi mengalami peningkatan dari 185 unit menjadi 194 unit, ini menunjukan bahwa amino warga untuk membentuk koperasi semakin meningkat. Pelaksanaan RAT (Rancangan Anggaran Tahunan) juga meningkat hal ini menunjukan bahwa pemahaman pengurus terhadap pentingnya melaksanakan RAT semakin hari semakin baik, sedangkan permodalan koperasi mengalami peningkatan 4,73%.

” Melalui HUT Koperasi ke 63 ini mari kita jadikan sebagai ajang refleksi kita bersama bahwa dengan potensi dan sumber daya yang kita miliki seharusnya kita mampu mengatasi persoalan kemiskinan dan keterbelakangan dengan membangun kesejahteraan rakyat lewat koperasi yang berkualitas dan dikelolah secara professional.” Ungkap Kadis Koperasi dan UMKM mengakhiri sambutannya.

Sementara itu dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Ir. Darma Metusala MP bahwa acara syukuran rahma tamah ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Koperasi ke 63. adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah, kegiatan jalan santai, kegiatan lomba dan penilaian Koperasi Sehat dan berprestasi, serta sosialisasi gerakan sadar koperasi dikecamatan Poso Kota pada tanggal 24 Juli dan Kecamatan Poso Pesisir Selatan akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli mendatang.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada Koperasi terbaik dan Berprestasi Tahun 2010. Adapun yang mendapatkannya adalah Jenis Koperasi Simpan Pinjam diraih oleh KPN Matiandano Desa Pendolo Kecamatan Pamona Selatan, Jenis Koperasi Aneka Usaha diraih oleh KPN Kesehatan Poso Kota Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota, Jenis Koperasi Konsumen diraih oleh PRIMKOPPAD DIM 1307 Poso Kelurahan Kasintuwu Kecamatan Poso Kota Utara, Jenis Koperasi Wanita diraih oleh KOPWAN ANNISA Kelurahan Bonesompe Kecamatan Poso Kota Utara, Jenis Koperasi Baru diraih oleh KOPTAN Setia Darma Desa Leboni Kecamatan Pamona Utara.
Hadir dalam acara tersebut Muspida Kabupaten Poso, Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Tokoh-tokoh Masyarakat, tokoh – tokoh Agama, Tokoh Perempuan, pengurus Koperasi dan para undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar