Pembukaan MTQ XXIII Tingkat Kabupaten Poso

Poso –Wakil Bupati Poso Abdul Muthalib Rimi,SH.MH membuka resmi Musyabaqah Tilawatil Qur’an ke XXIII Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2010, di gedung wanita selasa 6 april 2010.

MTQ KE XXIII tingkat Kabupaten Poso tersebut, bertemakan : “Melalui MTQ XXIII Kabupaten Poso tahun 2010 kita ciptakan generasi Qur’ani. MTQ ini rencananya berlangsung selama 4 hari, 6 – 10 April 2010.

Kegiatan tersebut diawali dengan Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Dewan Hakim MTQ oleh Wakil Bupati Poso.

Wakil Bupati Poso Abdul Muthalib Rimi,SH.MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini adalah merupakan kegiatan yang strategis untuk membina dan menyeleksi Qari dan Qoriah yang memiliki kemampuan dalam Tilawa,Hipzil / tapzil maupun fahmil dan katil, olehnya itu di harapkan agar pelaksanaan Musabaqah ini benar-benar dilaksanakan sesuai dengan koridor yang berlaku sehingga siapapun yang terpilih nantinya di musabaqah ini sebagai pemenang adalah peserta terbaik diantara yang terbaik dan betul-betul siap untuk mewakili Kabupaten Poso ketingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Donggala pada tanggal 17 s/d 24 April 2010 yang akan datang. Dan tidak menutup kemungkinan akan mampu ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.

Wakil Bupati Poso mengharapkan kepada para peserta Musabaqah agar dapat mengikuti pelaksanaan MTQ ini dengan tekun dan semangat sportifitas yang tinggi dengan tetap memelihara ukhuwah Islamiah dan Ukhuwah Insaniyah diantara kita semua sehingga pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang kita harapkan bersama.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Admajaya Mardjun,S.Sos.MM dalam laporannya memaparkan bahwa dasar pelaksanaan MTQ ke XXIII Tingkat Kabupaten Poso berdasarkan surat Keputusan Bupati Poso No.108.45/0418/2010 tanggal 2 februari 2010.

Pelaksanaan Musyabaqah Tilawatil Qur’an merupakan kegiatan agenda rutin yang kita laksanakan dari tingkat desa, kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai tingkat Nasional yang pelaksanaannya diadakan setiap 2 tahun. MTQ yang dilaksnakan ini untuk mempersiapkan Qori dan Qoriah yang akan mewakili Kabupaten Poso pada arena MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Donggala.

MTQ ini bertujuan untuk mengembangkan potensi serta minat dan bakat generasi Islam dalam bidang seni baca tulis Al-Qur’an. Sebagai siar Islam yang harus senantiasa kita laksanakan dalam mewujudkan insana-insan yang Qur’aniyah.

Peserta Musyabaqah Tilawatil Qur’an XXIII Tahun 2010 diikuti 12 kecamatan sebagai berikut : Kecamatan Poso Kota 24 orang, Kecamatan Poso Kota Utara 11 orang, Poso Kota Selattan 23 orang, Kecamatan Poso Pesisir 19 orang, Poso Pesisir Utara 18 orang, Poso Pesisir Selatan 12 orang, Kecamatan Lage 17 orang, Pamona Utara 11 orang, pamona selatan 13 orang, Lore Utara 15 orang, Lore Tengah 7 orang, Lore Timur 14 orang, dengan jumlah peserta sebanyak 184 orang.

Setelah Sambutan berakhir, Dilanjutkan dengan Pemukulan Bedug Oleh Wakil Bupati Poso sebagai tanda dimulainya MTQ XXIII Tingkat Kabupaten Poso.
Hadir pada Pembukaan MTQ tersebut, Muspida Kabupaten Poso, Kepala Kantor Kementerian Departemen Agama Kabupaten Poso H.Nazaruddin L.Midu,M.Ag. Ketua LPTQ Kabupaten Poso, Para pejabat Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso,Tokoh Agama, Tokoh Pemuda,Tokoh Masyarakat, serta para Khafilah yang mengikuti MTQ ini dan undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar