Kabupaten Poso Ikutkan 32 Peserta MTQ XXIII Tingkat Provinsi Sulteng di Donggala

MTQ XXIII Tingkat Provinsi Sulteng di Donggala, Kabupaten Poso Ikutkan 32 Peserta Dari 8 Cabang Yang Diperlombakan

Sejak dibukanya pelaksanaan MTQ XXIII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Donggala oleh Gubernur Sulteng HB Paliudju yang berlangsung di Arena Utama Lapangan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa, tepatnya pada Sabtu malam (17/4), hingga kini para peserta dari Kabupaten Poso yang menempati di lokasi Jalan Pettalolo, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, sedang melaksanakan berbagai lomba yang telah ditentukan oleh panitia. Adapun cabang lomba yang diikuti kafilah dari Kabupaten Poso, Cabang Tilawatil Qur'an golongan anak-anak, remaja, dewasa, dan golongan cacat netra, Cabang Tartil Qur'an golongan dasar, dan menengah, Cabang Qirait Saba' golongan umum, Cabang Hifzil Qur'an golongan 1 Juz dan Tilawah, golongan 5 Juz dan Tilawah, golongan 10 Juz, dan golongan 20 Juz, Cabang Tafsir Qur'an golongan Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan golongan Bahasa Inggris, Cabang Kaligrafi golongan tulisan naskah, golongan hiasan dekorasi, dan golongan hiasan mushaf, Cabang Syarhil Qur'an, dan Cabang Fahmil Qur'an.
"Peserta yang tampil pada kedelapan cabang lomba yang diikuti dari Kabupaten Poso sebanyak 32 orang, dengan total Kafilah MTQ Kabupaten Poso seluruhnya 57 orang yang dipimpin langsung Hi. S.Runa selaku koordinator. 10 orang pendamping disetiap cabang, 3 orang pelatih, selebihnya adalah petugas yang menangani bidang pameran, pawai, humas publikasi, dokumentasi dan peliputan, serta petugas yang menangani perlengkapan," jelas Kabag Kesra Setdakab Poso Mursid Laisa,SH.

Sebelum dilaksanakan pembukaan MTQ XXIII Kabupaten Poso juga telah mengikuti pawai bersama yang dilepas langsung Bupati Donggala Habir Ponulele, bertempat di lapangan sepakbola Persido, Kelurahan Maleni, dan malam ta'aruf di Aula Kantor Bupati Donggala. Demikian halnya pada pelantikan dewan hakim yang berlangsung di ruang Kantor DRPD Kabupaten Donggala, Jumat (16/4), Gubernur Sulteng HB Paliudju melantik 5 orang dewan hakim mewakili dari kabupaten Poso diantaranya Abdul Wahid Lamidji, Mustadir M.Ali, Sukarsudin, Hadi Salamun, dan M.Sidik.
Menurut Kabag Kesra Mursid Laisa yang juga ikut mendampingi para kafilah saat berada di Donggala mengatakan, melihat komposisi dan kemampuan rata-rata peserta MTQ Kabupaten Poso hingga saat ini mereka mempunyai harapan dan target yang besar. "Kemungkinan Kabupaten Poso pada perolehan juara diprediksi berada pada level 3 besar melalui cabang Tilawah Dewasa, Cacat Netra, Tafsir Bahasa Inggris, Qirait Qur'an, dan Hifzil 5 Juz. Sebab sebelumnya pada pelaksanaan STQ ke 20 dimana Kabupaten Poso sebagai tuan rumah pernah menjuarai umum, ini menjadi alasan utama kami," target Mursid sambil memohon kepada seluruh warga masyarakat Poso melalui dukungan doa agar Kabupaten Poso kembali meraih sukses pada event yang digelar setiap dua tahun sekali.
“Mudah-mudahan ada peserta dari Kabupaten Poso bisa mewakili dari Sulawesi Tengah pada MTQ tingkat Nasional di Bengkulu mendatang,” harap Mursid Laisa yang juga sebagai Sekretaris Umum Panitia Pelaksana MTQ XXIII Kabupaten Poso di Donggala, dalam keterangannya saat berada di Pondok tempat tinggal para Kafilah Kabupaten Poso, Jalan Pettalolo, Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa, Minggu (18/4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar