Rakoor Perlengkapan Umum dan Asset se-Provinsi Sulteng di Poso

Poso - Gubernur Sulawesi Tengah H.B Paliudju yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Propinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Baharuddin HT, Msi membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Perlengkapan Umum dan Asset se-Propinsi Sulawesi Tengah. Bertempat di gedung Dharma Wanita Kabupaten Poso, Selasa 9 Maret 2010.
Rapat Koordinasi tersebut bertemakan “Penguatan Organisasi dan Sumber Daya Aparatur Sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Asset Menuju Good Government“.
Gubernur Propinsi Sulawesi Tengah H.B. Paliudju dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Propinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Baharuddin HT, Msi mengatakan salah satu upaya Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur pengelolaan barang daerah, adalah melaksanakan Rapat Koordinasi Perlengkapan Umum Dan Asset Se-Propinsi Sulawesi Tengah, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini akan tercipta pemahaman terhadap pengelolaan dan manajemen asset demi terwujudnya Tertib Administrasi Pengelolaan Barang Daerah. Dengan demikian, pada akhirnya mampu tercipta sinergitas pengelolaan dan kesamaan persepsi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.
Diakhir sambutan Sekretaris Propinsi mengingatkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh, aktif, dan partisipatif, sehingga dapat memberi kontribusi berupa saran, tanggapan, dan kontribusi pemikiran, agar memperoleh hasil evaluasi dan rekomendasi terhadap pengelolaan perlengkapan, umum dan asset yang lebih baik, yang pada akhirnya nanti dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan pengelolaan barang daerah kearah yang lebih baik, agar terwujud tertib administrasi pengelolaan barang daerah.
Sementara itu Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Amdjad Lawasa, MM menyampaikan bahwa Pelaksanaan Rapat Koordinasi Perlengkapan Umum dan Asset Se-Propinsi Sulawesi Tengah ini merupakan salah satu langkah yang patut dicermati, dalam meningkatkan system manajemen yang baik, dengan memiliki pengetahuan yang spesifik terhadap penilaian barang / asset. Hal ini merupakan salah satu peran penting dalam mengelola barang / asset milik daerah perlu disadari dengan penguatan organisasi serta sumber daya aparatur yang memadai. Disamping itu, perlu adanya koordinasi antar instansi terkait, baik itu dengan Pemerintah Propinsi, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah lainnya, yang pada giliran nantinya akan terwujud system pengelolaan barang yang sinergis. Barang/ asset milik daerah yang dibeli atau diperoleh atas beban APBD, baik barang / Asset yang berasal dari perolehan yang sah. Yang berdasarkan asas dan prinsip pengelolaan barang milik daerah serta manajemen pengelolaan barang milik daerah.
Diakhir sambutannya, Bupati mengharapkan kiranya Rapat Koordinasi ini akan menghasilkan kesimpulan-kesimpulan bersama yang akan dapat menjawab berbagai kendala yang kita hadapi, solusi yang dapat mencari jalan keefektifan, yang kesemuanya itu bermuara pada peningkatan manajemen Asset menuju Good Governance.
Disisi lain Ketua Panitia Kegiatan Drs. Muhdar yang juga selaku Kasubag Inventarisasi dan Asset Propinsi Sulawesi Tengah dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu kepada keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 028/64/RO. PERLUM dan ASSET G.ST/2010. Tujuan dilaksanakan Rapat Koordinasi ini adalah untuk mencapai keseragaman langkah dan pola pikir serta tindakan dalam rangka pelaksanaan pengelolaan barang daerah dan juga merupakan kalender tahunan yang dilaksanakan pada setiap Kabupaten / Kota Se-Propinsi Sulawesi Tengah secara bergilir. Peserta kegiatan terdiri dari SKPD / UPTD dilingkungan Prop. Sulteng sebanyak 192 orang dan pejabat dari Pemkab/Kota sebanyak 60 Orang sehingga jumlah keseluruhan 252 orang.
Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Biro Hukum Prop. Sulteng Drs. Kasman Lasa SH, Msi, Muspida Kab.. Poso, para pejabat dilingkungan Pemda Kab. Poso dan para peserta kegiatan serta undangan lainnya.
Acara diakhiri dengan Tarian ”Sintuwu” yang mempunyai makna rasa syukur atas Rahmat dan Rezki yang diberikan Oleh Tuhan YME yang tak terhingga tak lepas dari benda dan Aset Pemerintahan yang perlu kita jaga dalam kepentingan masyarakat Bumi Sintuwu Maroso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar