Pembukaan Rakerda Pembangunan Kependudukan dan KB 2010

Poso – Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM membuka resmi Rapat Kerja Daerah Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Tahun 2010 di Gedung Darma Wanita, 15 Maret 2010.

Rapat tersebut bertajuk “ Dengan Semangat Kemitraan Kita Wujudkan Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana “.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Poso M. Nurjaman, SH, Assisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Lambang Bamonturu, Ketua TP. PKK Ellen Inkiriwang Pelealu, para pejabat dilingkungan Daerah Kabupaten Poso, Ketua Dharma Wanita Meysura Lawasa Pakaya, Para Camat, serta para peserta rapat lainnya.

Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM dalam sambutannya bahwa Program Keluarga Berencana ini merupakan salah satu program yang sangat penting, menyangkut kesejahteraan keluarga. Hal ini merupakan dasar untuk kemaslahatan penduduk yang mana merupakan tujuan kita bersama demi kemajuan peningkatan kesejahteraan keluarga dibumi Sintuwu Maroso.

Hakekat dari program KB ini juga dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga baik itu kesehatan ibu maupun kesehatan anak. Dengan tujuan untuk peningkatan kehidupan keluarga kedepan menjadi lebih baik lagi dengan memiliki sumber daya manusia yang memadai.

Diakhir sambutannya Bupati mengharapkan kiranya para peserta dapat mengikuti rapat ini dengan sungguh-sungguh agar kedepan nantinya hasil yang kita dapatkan dari rapat ini akan lahir program-program baru sebagai bentuk kepedulian kita bersama dalam menjalankan program KB baik itu ditingkat Desa sampai ketingkat Kecamatan.

Sementara itu Ketua BKKBN Prop. Sulawesi Tengah Juwarini, SKM. MM. juga dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Pusat telah memulai untuk menata kembali Pengelolaan Program KB yang diawali dengan menciptakan Visi yang baru yaitu “ seluruh keluarga ikut KB dengan Misi “ mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan slogan 2 anak lebih baik”.

Pelaksanaan Program KB Nasional di Propinsi Sulawesi Tengah selama 3 tahun terakhir ini dapat berjalan dengan baik karena didukung oleh mitra kerja baik instansi Pemerintah, swasta maupun segenap komponen masyarakat, LSM, LSOM, Organisasi profesi, TNI, POLRI. Sehingga mampu memberikan hasil pencapaian terhadap kinerja program KB Nasional. Pada tahun 2009 lalu Propinsi Sulawesi Tengah dapat mengungguli Propinsi lain di Indonesia karena Peropinsi Sulawesi Tengah menduduki rangking ke-2 terbaik dalam pencapaian kontrak kinerja program KB Nasional. Keberhasilan ini dapat dicapai karena Kabupaten Poso ikut memberikan kontribusi terhadap pencapain kinerja Program KB Nasional dimana pada tahun 2009 Kab. Poso berhasil mengajak Pasangan Usia Subur (PUS) menjadi peserta KB baru sebanyak 4.781 peserta atau 136 % dari PPM 3.499, sedangkan Pasangan Usia Subur (PUS) yang secara aktif memakai alat kontrasepsi sebanyak 30.084 peserta atau 107 % dari PPM 27.854 dengan CPR 69,02 % dari PUS 43.588 pasangan.

Disisi lain Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Poso dr. Asnah Awad, MH.MARS dalam laporannya memaparkan bahwa dari Tema RAKERDA ini akan difokuskan kepada upaya-upaya dan Strategi untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan baik sasaran tahunan maupun sasaran lima tahunan kedepan. Mengingat Revitalisasi Program Keluarga Berencana menjadi salah satu prioritas pembangunan yang pro rakyat maka dalam RAKERDA ini akan dilakukan diskusi strategi operasional yang berkaitan dengan penyediaan data dan informasi pelayanan keluarga berencana peningkatan kualitas dan cakupan pelayanan keluarga berencana, terutama di 92 klinik pemerintah dan swasta pelayanan pada daerah tertinggal, terpencil, perbatasan dan miskin.

Setelah sambutanpun berakhir acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis berupa sebuah kunci mobil unit penerangan KB oleh Bupati Poso kepada Kepala Badan PP dan KB, penyerahan piagam BKB dalam rangka memperingati Hari Ibu Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2009 dengan predikat Juara 1 Kelompok BKB Melati Gebang Rejo Kab. Poso dan juga mendapat Juara II Tingkat Prop. Sulawesi Tengah. Juara II Kelompok BKB Melati Lawanga dan Juara III Kelompok BKB Kemala Bayangkari Kasintuwu, yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim PP. PKK Kab. Poso. Selanjutnya penyerahan papan nama pada kelompok BLK (Bina Lingkungan Keluarga) “Bersinar” kepada : Desa Malitu Kecamatan Poso Pesisir Selatan Kab. Poso yang diserahkan oleh Kepala BKKBN Prop. Sulawesi Tengah kepada Kepala Desa Malitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar