Musrembang Se-Kecamatan Pamona

Poso/19/2/2010, Bupati Poso Drs Piet ingkiriwang MM membuka secara resmi Musrembang tingkat kecamatan Pamona. Adapun kegiatan tersebut dipusatkan di wilayah kecamatan Pamona Utara. Acara tersebut dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs Amdjad Lawasa, MM, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs Lambang Bamonturu, para kepala dinas, badan, kantor dan bagian, serta camat se Kecamatan Pamona bersaudara, srta anggota DPRD Kabupaten Poso.
Acara tersebut juga diikuti oleh para peserta yang terdiri dari Lurah,kepala Desa,tokoh masyarakat dan perwakilan dari tiap-tiap desa dan kelurahan yang telah di pilih pada acara musrembang tingkat desa. Musrembang kali ini mengambil tema; Melalui musrembang kecamatan kita wujudkan kabupaten poso yang sejahtera,Demokratis dan berkeadilan.; Acara tersebut di awali dengan sambutan Camat Pamona Utara selaku tuan rumah, berterima kasih kepada pemerintah karna telah memberi kepercayaan sebagai tuan rumah dalam acara musrembang sekecamatan Pamona Bersaudara,sekaligus mengucapkan selamat datang kepada para peserta musrembang. Sementara itu Bupati poso dalam sambutanya mengatakan Musrembang kali ini harus benar-benar mencerminkan kepentingan rakyat,yang pada akhirnya nanti masyarakat dapat keluar dari ketertinggalan menuju pada kesejahteraan. Bupati Poso juga mencanangkan 3 ikon penting yang perlu di dahulukan dalam pembahasan musrembang kali ini. Yang pertama;Pertanian dan peternakan.kedua Koperasi dan ketiga Pariwisata. Bupati Poso berharap kiranya hasil dari musrembang kali ini bisa membantu masyarakat di bidang pertanian dengan membuka percetakan sawah baru,membuka jalur ke kantong-kantong produksi serta dapat menyalurkan bantuan pemerintah tepat pada sasaraanya, Yang terpenting bagi masyarakat khususnya petani dapat merubah pola bercocok tanam dari cara tradisional menuju cara modern,agar masyarakat dapat keluar dari kemiskinan. Sementara itu untuk usaha kecil koperasi hendaknya nanti dapat dipergunakan sesuai peruntukanya dan pariwisata harus tetep di tumbuh kembangkan.
Di akhir sambutanya Bupati poso meminta kepada seluruh peserta untuk memaknai musrembang,serta memprioritaskan guna pencapaian pembangunan yang merata di kabupaten poso. Sementara Assisten I bidang pemerintahan dan kersra Drs Lambang Bamonturu selaku Moderator menyampaikan kiranya peserta dapat mencermati hasil musrembang desa untuk selanjutnya dapat di bahas dalam musrembang tingkat kecamatan yang di paparkan oleh masing-masing Camat,agar mendapat tanggapan dari tiap-tiap SKPD,yang oleh SKPD bahan acuan ini nantinya akan di bawah dalam rapat pembahasan anggaran daerah oleh DPRD. Acara musrembang tingkat kecamatan ini masih terus berlanjut hingga pada musrembang tingkat kecamatan poso bersaudara yang di rencanakan bertempat di aula kantor Bappeda Kabupaten Poso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar