Diklat Prajabatan Cpns Golongan III Tahun 2010


Poso – Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM diwakili kepala Inspektorat Kab Poso Anthony.H.Tadjongga,Bsc.S.Sos membuka dengan resmi kegiatan pendidikan dan pelatihan prajabatan CPNS golongan III gelombang pertama tahun 2010 di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, di ruang serba guna hotel bambu jaya Senin, 22 Maret 2010.

Hadir dalam Pembukaan prajabatan tersebut Para pejabat Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten poso, Kabag Humas Amir Kiat, SH, Para widyaiswara, Badan kepegawaian Pendidikan dan pelatihan Daerah Propinsi Sulteng, serta para peserta Diklat dan undangan lainnya.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan prajabatan CPNS golongan III gelombang pertama tahun 2010 diikuti sejumlah 80 orang peserta yang akan mengikuti kegiatan ini selama 24 hari terhitung sejak pembukaannya hari ini. Prajabatan tersebut bertajuk “Membangun motifasi Kerja Pegawai Negeri sipil dalam pelayanan Publik yang jujur dan bertanggung jawab”.

Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Poso Anthony.H.Tajongga,Bsc.S.Sos mengatakan bahwa diklat prajabatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembinaan dalam rangka untuk memperoleh PNS yang memiliki semangat pengabdian, mutu, keahlian dan keterampilan yang dapat diandalkan dalam menghadapi tugas-tugas yang dipercayakan serta dalam rangka menciptakan adanya pola pikir yang sama serta metode kerja yang lebih baik.

Apartatur Pemerintahan selalu diarahkan pada peningkatan kuwalitas, bukan pada peningkatan kuantitas. Aparatur yang berkualitas, bersih, berwibawa dan berkemampuan sangatlah diperlukan. Terlebih dalam menghadapi permasalahan pembangunan yang kian meningkat dan kompleks dewasa ini. Oleh karenanya melalui diklat ini diharapkan dapat tercipta aparatur yang memiliki sikap yang bersih dan berwibawa; bekerja efisien, efektif dan disiplin; dapat mengayomi dan meneladani; memiliki prestasi dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi; responsive terhadap aspirasi masyarakat; serta mampu memberikan pelayanan prima, dengan tetap dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kepala Inspektorat mengingatkan bahwa Berkaitan dengan Pesta Demokrasi yang merupakan Agenda Daerah yaitu pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Bupati Poso mengharapkan Kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil untuk tetap menjaga Netralitas dan tidak ikut dalam politik praktis, tidak terlibat dalam kegiatan mendukung salah satu Kandidat, Namun dari sisi lain Pegawai Negeri Sipil selaku Aparatur Pemerintah, dibutuhkan Tanggung jawab, serta wajib mengawal, mendukung dan menyukseskan jalannya Pesta Demokrasi ini sampai selesai.

Diakhir sambutannya Kepala Inspektorat menambahkan bahwa kiranya prajabatan ini dapat menyatukan Persepsi seluru pegawai Negeri sipil sebagai pelayan Masyarakat yang berkualitas. Memiliki rasa Korps yang kuat, serta memiliki rasa tanggung jawaw yang tinngi dalam melaksanakan Tugas dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten poso.

Sementara itu Sekertaris BKD Kabupaten Poso Bahrun.S.Mardani, S.Sos dalam Laporannya memaparkan bahwa tujuan dilaksanakannya Diklat Prajabatan bagi CPNS yaitu Meningkatkan Pengetahuan, Keahlian, Ketrampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan Tugas secara Profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan Instansi, Menciptakan Aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu, dan perekat persatuan dan kesatuan Bangsa, Memantapka sikap dan semangat pengapdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat, Menciptakan kesamaan Visi dan Dinamika pola pikir dalam melaksanakan pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik. Sedangkan sasaran Diklat Prajabatan Golongan III adalah Terwujudnya Pegawai Negeri sipil yang memiliki Kompetensi yang sesuai dengan persyaratan pengangkatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.
Setelah laporan berakhir, dilanjutkan dengan Penyamatan kartu tanda Peserta secara Simbolis oleh Sekretaris BKD sebagai tanda dimulainya Prajabatan Tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar