Pembukaan Muscab VI KKSS Kabupaten Poso

Poso – Pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) VI Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Poso, Sabtu (13/2), bertajuk “Melalui Muscab VI KKSS Kabupaten Poso Kita Tingkatkan Silaturahmi Menuju Masyarakat Yang Aman, Damai, Sejahtera dan Bermartabat.
Dalam sambutan Muscab KKSS, Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang,MM mengatakan, pelaksanaan Muscab KKSS pemerintah daerah dalam organisasi seperti ini hanyalah sebagai pendorong dan fasilitator, yang mana menjadi suatu hal yang penting dan strategis bagi pemerintah untuk melakukan silaturahmi secara umum dengan warga KKSS yang ada di daerah ini. “Saya bangga dan senang karena bisa bertemu saudara-saudara KKSS yang mayoritas beragama Muslim secara langsung dan umum dalam pertemuan seperti ini,” ucap Bupati.
Bupati mengakui bahwa kerukunan keluraga Sulawesi Selatan Kabupaten Poso merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang terbesar di daerah Kabupaten Poso, dimana memiliki tingkat kemapuan cukup besar dalam beradaptasi dan merespon perubahan pada lingkungan sosial. “Untuk itu mari kita selalu menjaga dan membina persatuan dan kesatuan yang kokoh tanpa memandang perbedaan suku dan agama. Walaupun saya sebagai Bupati beragama Kristen, saya tetap menyayangi saudara-saudara Muslim maupun agama lain,” harap Bupati Piet Inkiriwang saat membuka Muscab VI KKSS mencontohkan programnya yang telah dibangun Pondok Pesantren Gontor yang mana ini sebagai permintaan umat muslim agar di Poso dibangun sebuah monumen bersejarah.
Olehnya, Ia berharap kepada pemimpin yang terpilih pada muscab begitu juga nantinya kepada bupati terpilih kedepan yang sebentar lagi akan melakukan pesta demokrasi, agar benar-benar menanamkan rasa persatuan dan lebih memperhatikan rakyatnya. Sehingga dapat meneruskan program-program pemerintah kedepan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.
Ketua Badan Pengurus Cabang KKSS Kabupaten Poso, Ir. Nahardi,MM menekankan, walaupun ditinjau dari segi aspek kelembagaan organisasi, KKSS yang mempunyai organisasi di pusat, propinsi, kabupaten, hingga ke kecamatan, tetapi bukanlah organisasi politik tetapi organisasi kekerabatan dan kekeluargaan yang tidak berafiliasi pada salah satu partai politik. “Sebagai organisasi kelembagaan, kita tetap tidak memberi merek atau berafiliasi pada partai politik. Tetapi dari keanekaragaman, KKSS ada disemua warna yang mempunyai individu masing-masing,” jelas Ketua KKSS Cabang Poso periode 2004-2009
Pelaksanaan Muscab yang seharusnya dilaksanakan pada November 2009, kata Nahardi, keterlambatan ini karena sesuatu dan lain hal dengan berbagai kesibukan-kesibukan yang ada. Ia mengharapkan, muscab ini hendaknya dijadikan momentum yang baik, sehingga perlu membangun dengan tentram dan lebih bersinergi dengan program-program pemerintah saat sekarang dan kedepan.
Muscab ini dihadiri selain para pengurus KKSS Propinsi, Kabupaten, Kecamatan juga dihadiri para Pejabat Pemkab Poso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar