Masyarakat Poso Antusias Menyambut Kapal Pelni KM Sangiang.


Hari Kamis yang cerah (04/02/2010). Masyarakat dari berbagai elemen serta segenap pejabat dan unsur muspida Kabupaten Poso sudah menunggu berlabuhnya kapal Pelni KM Sangiang di dermaga poso. Jarum jam menunjukan titik delapan pagi saat akhirnya kapal penumpang yang ditunggu-tunggu merapat di pelabuhan poso untuk pertama kalinya.
Sambutan masyarakat dan pemdakab poso sangat meriah, dimulai dengan suara tetabuhan yang mengiringi serombongan gadis berkostum tradisional poso berpadu menari-nari membentuk suatu nuansa penyambutan terhadap tamu lalu dilanjuti dengan penerimaan secara adat lokal poso; pekasiwiya, adalah upacara penyambutan terhadap setiap tamu yang datang di tanah Poso.
Prosesi adat ini diawali pemberian ayam kampung putih, telur ayam kampung, minuman tradisonal poso (saguer) serta penyerahan aksesoris adat poso lainnya kepada Nahkoda kapal Sangiang dan penumpang pertama yang menginjakkan kaki di dermaga Poso.
Segenap prosesi berjalan meriah. Wajar jika masyarakat dan pemerintah kabupaten poso bersuka cita. karena paska konflik di daerah ini, kapal penumpang yang berlabuh didermaga poso baru pertama kembali merapat di dermaganya.
Seperti kata Uten, masyarakat yang berjualan disekitar pelabuhan Poso, “akhirnya poso so rame ulang, so seperti dulu. Torang di poso so te jao-jao lagi kalo mo kamana-mana.tapi yang paling penting kita pe jualan bisa rame lagi deng orang be beli” sambil senyum sumringah mengungkapkan perasaannya.
KM Sangiang ini melayani penumpang dengan rute Poso-Togean-Gorontalo-Bitung-Ternate-Sanana-Namlea-Ambon.
“Masyarakat yang ingin menggunakan tranportasi laut dengan KM Sangiang bisa langsung datang saja di kantor Pelni Poso, di jalan Yos Sudarso. disana bisa langsung memesan tiket” jelas Amir Kiat, selaku kabag Humas Pemda Poso.

Bupati Poso, Drs Piet Inkiriwang, MM dalam kesempatan ini hadir langsung untuk memberi sambutan. dalam sambutannya, Piet menyatakan bahwa semua ini adalah wujud nyata dari hasil kerja pemerintah kabupaten poso untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakatnya dengan tidak pernah berhenti untuk membangun poso ke arah yang lebih baik. Lanjutnya Bupati Poso Berharap dengan terbukanya jalur transportasi laut ini akan bisa merangsang perekonomian di poso lebih meningkat. Terlebih lagi dalam beberapa hari kedepan, tepatnya hari senin pagi tanggal 8 februari 2010, Poso akan menambah jalur transportasi udara secara lebih luas dengan rute makassar-poso-gorontalo oleh pesawat yang bermuatan lebih dari saat ini yang baru melayani rute poso gorontalo. Setelah memberi sambutannya Bupati Poso beserta isteri Ellen Inkiriwang Pelealu, melakukan pengguntingan pita menandai diresmikannya kembali Aktifitas Pelabuhan Poso.
Acara ditutup dengan tari modero. Masyarakat, pejabat, awak kapal, serta penumpang kapal yang datang dari Gorontalo ikut larut dalam lingkaran tarian masyarakat poso tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar