Upacara Memperingati Hari Juang Kartika 2009 Di Kabupaten Poso

Poso - Upacara memperingati hari juang kartika berlangsung khidmat, bertempat di Lapangan Sintuwu Maroso Poso, Selasa, 15 Desember 2009.
Bertindak sebagai inspektur upacara, Komandan Komando Resor Militer 132 Tadulako Kolonel M. Thamrin Marzuki yang menyampaikan amanat Kepala Staf Angkatan Darat, mengatakan bahwa hari juang kartika adalah peringatan peristiwa sejarah perjuangan bangsa di Ambarawa 45 tahun silam, yang dikenal dengan Palagan Ambarawa. Sehingga 15 Desember ditetapkan sebagai hari jadi Angkatan Darat, yang dikenal dengan hari juang kartika.
Tradisi kemanunggalan antara TNI dan Rakyat yang dilandasi semangat kebangsaan Indonesia, merupakan kekuatan sinergis untuk menjaga keselamatan bangsa dan tumpah darah Indonesia.Kemanunggalan juga menjadi garansi tetap tegak dan berdirinya NKRI, serta kokohnya kedaulatan negara dan keutuhan bangsa.
Dalam amanat juga ditekankan bahwa hidup di dalam Negara demokrasi, kebebasan menyampaikan pendapat sangat dihargai, akan tetapi perbedaan-perbedaan yang ada tidak boleh menjadi alasan pembenaran untuk membiarkan terjadinya konflik kekerasan vertical dan horizontal yang tidak menutup kemungkinan dimanfaatkan oleh pihak luar untuk melakukan intervensi demi kepentingannya.
Kemanunggalan antara TNI-Rakyat harus senantiasa dibangun dan dipelihara kerena sejarah mencatat bahwa masalah-masalah bangsa ini dapat diselesaikan dengan semangat TNI dan seluruh komponen bangsa.
Harapan-harapan itu, sejalan dengan tema yang diangkat pada hari juang kartika kali ini, yaitu Berlandaskan Jatidiri TNI, Angkatan Darat Bertekad Memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
Dan diakhir amanat disampaikan bahwa hari ini telah diresmikan 3 Brigade Infanteri, yakni, Brigif 21/Komodo Kodam IX/Udayana di Camplung, Brigif 22/Ota Manasa Kostrad di Gorontalo, serta Brigif 24/Bulungan Cakti Kodam VI/ Tanjungpura di Bulungan.
hadiri pada Upacara tersebut, Wakil Bupati Poso, Abdul Muthalib Rimi, SH, MH, Ketua DPRD Kab. Poso Ir Jani W V Mamuaja, Muspida Kabupaten Poso, DanYon 714, Rektor Unsimar Poso Lefrand Mango, para kepala dinas, badan, kantor dan Bagian di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Poso, Ketua dharma wanita Poso, Ketua Persit Bhayangkara, Ketua Persit kartika candra kirana kodim 1307 poso, PNS, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda/perempuan, tokoh masyarakat, organisasi pemuda/kewanitaan, unsur TNI/Polri, mahasiswa, serta para tamu undangan lainnya.
Upacara Hari Juang Kartika ini juga dirangkaikan dengan upacara pemberangkatan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka hari infanteri tahun 2009. pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan menumbuhkan kecintaan serta kebanggaan terhadap Korps, guna memelihara kemampuan mobiltas jalan kaki sebagai ciri khas bagi prajurit infanteri. Upacara ini ditutup dengan demonstrasi keahlian dan kemampuan dari para anggota TNI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar