Loka Karya Perdamaian


Poso - Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM yang diwakili Kepala Inspektorat Kabupaten Poso Anthony H Tadjongga, BSc. S,Sos membuka dengan resmi kegiatan Loka Karya “Strategi Pengelolaan Konflik Di Poso” bertempat Di Kartika Beach Hotel, Selasa 8 Desember 2009.
Hadir pula pada kesempatan tersebut sebagai Pemateri Msr. Philip Cordea Sekretaris Pertama Kedutaan Canada, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, dan Organisasi Sosial Kemasyarkatan, serta undangan lainnya.
Bupati Poso, Drs. Piet Inkiriwang, MM dalam sambutannya mengatakan, selama kegiatan ini berlangsung diharapkan agar dapat bertukar pengalaman dan informasi dengan mengemukakan berbagai permasalahan yang sering dihadapi atau mungkin dirasakan sebagai suatu kendala ditengah-tengah masyarakat, sehingga melalui kegiatan ini akan dapat dilaksanakan dan hasilnya dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat sampai ketingkat bawah.
Lanjut Bupati, oleh karena itu sangat diharapkan perhatian dan kesungguhan dari semua pihak, agar apa yang hendak dikomunikasikan dapat membawa manfaat dan solusi yang terbaik untuk menciptakan kedamaian dan kesejukan ditengah-tengah masyarakat, sebagaimana diketahui bersama bahwa acara Loka Karya merupakan hal yang sangat tepat untuk dilaksanakan.
Selain dari pada itu, Bupati Poso menambahkan bahwa, selaku pimpinan daerah menyampaikan rasa terima kasih dan penghargan yang setulus-tulusnya kepada seluruh jajaran Institut Titian Perdamaian yang telah memprakarsai kembali pelaksanaan kegiatan Loka Karya dan telah melibatkan Para Tokoh Agama Se-Kabupaten Poso.
Dikesempatan yang sama perwakilan Ketua Lembaga Institut Titian Perdamaian Mrs. Philip Cordea sebagai Sekretaris Pertama Kadutaan Canada menyampaikan isi sambutanya bahwa, seluruh rangkaian peristiwa kekerasan dan konflik sosial yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia pada kurun waktu 1998 s/d 2006 merupakan lembaran kesedihan dan ancaman atas kemanusiaan serta demokrasi di Indonesia, oleh karena itu kagiatan semacam ini terus diadakan dan Bentuk kegiatan Loka Karya telah dilakukakan di Maluku “Ambon”, dan ini adalah merupakan kegiatan yang kedua kalinya.diSulawesi Tengah Khususnya Di Kabupaten Poso.
Fakta menunjukan bahwa masyarakat dan Pemerintah secara aktif telah mengupayakan berbagai cara pengelolalan konflik melalui upaya penanganan konflik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar