Kerukunan Keluarga Toraja Kabupaten Poso Gelar Natal Bersama

Poso – Kabupaten Poso merupakan daerah tertua di provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari beragam suku dan etnis, seperti halnya suku Jawa (KKJST), Pamona (KKP), Bugis (KKSS), Gorontalo (KKIG), Maluku (KKM), Toraja (KKT) dan berbagai suku lainnya.
Drs Sinsigus Songgo selaku Ketua Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) mengatakan, kerukanan adalah suatu berkah dalam membawa peningkatan kehidupan kita dalam bermasyarakat, sebab seperti kita ketahui bersama bahwa di Poso ini terdiri dari berbagai suku dan etnis serta golongan. “Kita boleh berbeda, mungkin berbeda ibadah, agama/keyakinan, profesi, tempat, tapi lewat perbedaan itu mari kita bangun kebersamaan kita dan kerukunan kita,” jelas ketua KKT.
Untuk itu Drs. Sin Songgo menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Poso, lewat perayaan natal ini hendaknya kita membangun kebersamaan dan kepedulian kita, baik sesama interen warga kerukunan keluarga Toraja dan juga eksteren yang diluar kerukunan keluarga Toraja. Begitu juga dukungan kita terhadap pemerintah daerah, yaitu dengan mentaati ketentuan-ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Kabupaten Poso.
“Saya tidak berharap kita membangun kerukunan Toraja ini dengan secara eksklusif atau berdiri sendiri. Kita boleh tampil dengan etnis dan budaya kita, tetapi kita harus hidup bersama dengan seluruh warga yang ada di Bumi Sintuwu Maroso Poso,” tegas Sin Songgo saat perayaan natal bersama warga KKT Kabupaten Poso, yang berlangsung di Gedung Wanita Poso.
Olehnya Ketua KKT Kabupaten Poso, Drs Sin Songgo, mengajak kepada seluruh warga Toraja agar membangun bersama dengan seluruh warga/elemen yang ada di Kabupaten Poso, sebagaimana kita sebagai warga Negara Indonesia tentunya kita harus hidup bersama masyarakat yang ada di Kabupaten Poso.
Sebagaimana sub tema pada perayaan natal bersama dimana, “Melalui natal Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) Kabupaten Poso Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Kepedulian Terhadap Sesama,” Kepala Inspektorat Kabupaten Poso Anthony H Tadjongga BSc S.Sos menyampaikan, beberapa program Pemerintah Daerah Kabupaten Poso ditahun 2010 kedepan yang dilakukan secara terus menerus untuk mencoba membangun Kabupaten Poso agar menjadi lebih baik lagi. “Pemerintah kabupaten Poso memprioritaskan 3 (tiga) sektor yaitu sektor Pertanian, Bidang Usaha Kecil Menengah (UKM), dan dibidang Pariwisata. Sehingga implementasi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kedepan dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat, kedepan menjadi lebih baik lagi,” terang Anthony Tadjongga saat mewakili Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang MM pada perayaan natal bersama KKT, Rabu (23/12).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar