Peringatan HUT Desa Sulewana ke 75

Poso – Peringatan Hari Ulang Tahun Desa Sulewana yang ke-75 ditandai dengan peresmian Monumen Yoram Pebato oleh Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang, MM di Desa Sulewana Kecamatan Pamona Utara, Selasa 3 November 2009.
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk membangun suatu wilayah dengan melibatkan partisipasi aktif warga masyarakat sebagai stakeholder dalam memacu pembangunan.
Olehnya Bupati berterimakasih kepada Kades depenitif yang mampu menyerap aspirasi masyarakatnya untuk kemajuan Desa Sulewana, apalagi Desa Sulewana kedepan akan dibuka lahan peternakan sapi potong bantuan dari Pusat yang memberikan peluang lapangan kerja baru terhadap masyrakat sulewana bahkan masyrakat sekitarnya.
Lebih lanjut Bupati mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat Desa Sulewana untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan hal telah dicapai ini sehingga kedepannya nanti Desa Sulewana dapat berkembang kearah yang lebih maju dan menjadi Desa yang produktif dan mandiri, dan menjadi teladan bagi desa-desa disekitar.
Sementara itu, Kepala Desa Sulewana Eksan Tanonto dalam sambutannya menceritakan secara singkat tentang sejarah terbentuknya Desa Sulewana yang mana para pendahulu sekitar tahun 1933 mempunyai gagasan bahkan mulai memprakarsai kepindahan dari kampung mara’ayo ke sekitar sulempembayo yang dalam perkembangannya selanjutnya sebagian para pendahulu tersebut memilih tinggal di tandontantowana.
Gagasan dan prakarsa tersebut pada akhirnya di restui oleh pemerintah pada saat itu yakni Raja Talasa yang dibuktikan dengan kehadiran sekaligus memberikan nama sulewana. Peristiwa tersebut terjadi pada bulan Oktober 1934.
Diakhir sambutannya Kades Sulewana menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah khususnya Bupati Poso yang telah menyempatkan waktunya untuk bersama-sama masayarakat merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Desa Sulewana ke-75.
Dalam peringatan HUT Desa Sulewana yang dimeriahkan dengan atraksi tarian dan suguhan kebudayaan lokal tersebut Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Poso menyerahkan bantuan modal sebesar Rp 100 juta bagi kelompok tani Afinitas Mandiri Pangan yang diserahkan langsung oleh Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM.
Hadir mendampingi Bupati Poso dalam acara yang cukup meriah Muspida Kabupaten Poso, Ketua Sinode GKST, para Kepala Dinas, Badan, Kantor serta Bagian di lingkup Pemda Poso, para tamu undangan serta warga masyarakat sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar