Peringatan Hari Pahlawan ke-64 di Poso Berlangsung Khidmat


Poso – peringatan Hari Pahlawan ke-64 yang ditandai dengan upacara pengibaran Sang Bendera Merah Putih, dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Poso, Selasa, 10 November 2009 . Upacara yang berlangsung sejak pukul 08.00 Wita, dihadiri para Muspida Kabupaten Poso, para pejabat Pemda Poso, PNS, tokoh agama, tokoh pemuda/perempuan, tokoh masyarakat, organisasi pemuda/kewanitaan, unsur TNI/Polri, para guru, siswa-siswi, mahasiswa, serta para tamu undangan lainnya.
Pada pelaksanaan upacara ini, bertindak sebagai inspektur upacara, Sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs.Amdjad Lawasa,MM.
Menghaningkan Cipta yang dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, dan Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945, serta pembacaan Pesan-Pesan Para Pahlawan. Penyerahan Bingkisan kepada janda pahlawan / Ahli Waris secara simbolis kepada Anthony H. Tadjongga,B.SC.S.Sos, dan Elfis Lembah
Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Drs,Amdjad Lawasa,MM menyampaikan bahwa melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2009 yang mengambil tema “Dengan Semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, kita perkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia” marilah kita bersama-sama bahu-membahu merapatkan barisan memberi sumbangsih yang terbaik bagi bumi pertiwi yang kita cintai.
Bagi para pelajar/mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa, belajarlah dengan tekun agar kedepan dapat melahirkan ide-ide kreatif dan cemerlang yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan Negara.jika hal itu tentunya menjadi cambuk bagi kita untuk lebih giat lagi menguasai ilmu dan tehnologi.
Kita harus berusaha semaksimal mungkin melakukan hal yang terbaik sesuai dengan profesi kita masing-masing dengan dilandasi semangat dan nilai-nilai kepahlawanan seperti pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, bekerja tanpa pamrih dan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi atau golongan.
Kiranya peringatan hari Peringatan hari Pahlawan tahun 2009 dapat berjalan dengan Hidmad, tidak hanya bersifat seremonial semata, namun dapat menjadi momentum untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan dan memantapkan wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat.
Setelah Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke – 64 berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional Di Taman Makam Pahlawan Kec.Poso Kota Selatan. Bertindak Sebagai Inspektur Upacara adalah Wakapolres Poso, Kompol Esmed Eryadi,S.IK.

Peletakan Karangan Bunga oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan. Upacara Ziarah Nasional berakhir, dilanjutkan dengan Tabur Bunga dimakam Para Pahlawan.
Upacara Ziarah Nasional berakhir, dilanjutkan dengan upacara ziarah Laut. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdim 1307 Poso Mayor.Inf.I.Ketut..MG.
Diawali dengan menghaningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan doa, dan penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan, serta Pelarungan Bunga di Laut oleh Inspektur Upacara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar