Operasi Bibir Sumbing dan Katarak Di Poso

Poso – Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Suwanto SIP beserta seluruh jajarannya mengadakan kegiatan sosial, yakni operasi Bibir sumbing dan operasi katarak dalam wilayah Kabupaten Poso, Kamis, 12 November 2009.
Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian dari HUT TNI ,yang mana sebelumnya telah diadakan juga kegiatan-kegiatan lainnya. Adapun jumlah para peserta operasi Bibir Sumbing dan Katarak untuk wilayah kabupaten Poso sebanyak 7 orang.
KODIM 1307 yang mempunyai 3 wilayah, Kabupaten Morowali, Kabupaten Tojo Una-Una, dan juga Kabupaten Poso, sampai saat ini para pasien untuk operasi bibir sumbing sebanyak 10 orang dan operasi Katarak sebanyak 1 orang.
Menurut Dandim 1307 Poso Letkol.Inf.Suwanto.SIP Kegiatan Sosial ini merupakan kerja sama dengan Yayasan Bunda Suci Jakarta. Untuk itu berapapun banyaknya penderita bibir sumbing, dan katarak akan dioperasi. Lebih dari 10 penderita, lebih baik lagi karena para penderita bibir sumbing dan katarak ini rencananya akan dibawa ke Rumah Sakit Khusus Bedah, Cinta Kasih cengkareng.
Sehubungan dengan itu, sesuai dengan Skep, bahwa beliau ditunjuk langsung sebagai Koordinator untuk Wilayah Sulawesi Tengah yang akan membawa penderita bibir sumbing dan katarak. Dengan jumlah keseluruhan untuk wilayah Sulawesi Tengah, yaitu 40 pasien bibir sumbing dan 50 katarak untuk dibawa ke Jakarta, pada tanggal 20 november, dengan menggunakan pesawat Hercules.
Untuk itu, hari ini (Kamis) bertempat di Kodim Poso, Dandim Poso menjelaskan kepada para perwira-perwira KODIM Poso, yang pada saat itupula dihadiri Kabag Humas Poso Amir Kiat,SH menyampaikan bahwa calon peserta operasi Bibir sumbing dan katarak ini ditujukan kepada keluarga miskin ataupun kurang mampu. Menutur Beliau, kegiatan ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk membantu sesama yang kurang mampu dan memerlukan bantuan.Hal ini merupakan Ibadah sekaligus membantu masyarakat Kabupaten Poso pada Khususnya dan Masyarakat Sulawesi Tengah Pada Umumnya
Ditambahkan juga bahwa Jajaran Kodim Poso sangat peka terhadap masalah sosial, dan berkewajiban untuk membantu meringankan beban. Disamping itu juga seperti masalah sosial lainnya seperti Bencana Alam. Bahkan belum lama ini Jajaran Kodim Poso telah mengutus Pelari 10 km asal tagolu kecamatan lage, bernama Ade Putra untuk mengikuti Lomba Lari 10 Km di tingkat Provinsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar