Pelatihan Taruna Siaga Bencana (TAGANA)

Poso – Sekretaris Daerah kabupaten Poso Drs. H. Amjad Lawasa, MM membuka resmi kegiatan pelatihan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) di Kabupaten Poso, bertempat di Hotel Bambu jaya, Senin, 2 Nopember 2009.
Pelatihan tersebut di tandai dengan penyamatan dan pemasangan topi serta penyerahan atribut peserta pelatihan Tagana, secara simbolis oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs.H.Amdjad Lawasa,MM.
Turut Hadir pada pelatihan Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Kadis Sosnakertrans Kab.Poso Plt.. Ir.J.Tumiwa, Sekertaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kab.Poso Limpadeli, para pejabat dilingkungan pemerintah daerah, para peserta pelatihan serta undangan lainnya.
Sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs.Amdjad Lawasa,MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencegahan secara dini dan penanggulangan bencana alam ataupun bencana akibat ulah manusia itu sendiri yang sesungguhnya merupakan tanggung jawab kita bersama untuk membantu wilayah atau daerah yang dilanda musibah bencana, maka sangatlah dibutuhkan pemantauan dan penyebarluasan informasi tentang potensi-potensi yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana sehingga masyarakatpun juga akan turut bagian dalam pencegahan bencana alam secara dini diwilayah masing-masing.
Hal ini memberikan gambaran pada kita sekalian bahwa betapa pentingnya pelaksanaan kegiatan pelatihan ini yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan agar didalam melaksanakan tugas dilapangan dapat bekerja secara cepat, tanggap dan professional serta dapat memberikan pendekatan, bimbingan dan penyuluhan untuk menyatukan derap langkah, pandangan serta persepsi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pencegahan bencana secara dini diwilayah masing-masing sesuai tujuan dan tanggung jawab dalam mempersiapkan kesiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana di wilayah, sehingga pada gilirannya kita bisa menjadi bangsa yang tangguh menghadapi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan serta meningkatnya sikap waspada terhadap berbagai ancaman bencana alam yang mungkin saja bisa terjadi.
Diakhir sambutannya Sekertaris Daerah Kabupaten Poso mengharapkan melalui kegiatan pelatihan seperti ini, peserta dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini, agar nantinya dapat mengetahui dan memahami serta tetap berpedoman pada Peraturan Penanggulangan bencana di Daerah, yaitu Peraturan Presiden Republik Indonesia No.83 Tahun 2005 tentang koordinasi nasional penanganan bencana dan petunjuk tekhis pembentukan Surat Keputusan tentang struktur Unit Operasi Penanggulangan bencana (PB) Kecamatan.
Sementara itu, Panitia Kegiatan Pelatihan H.Hada Suari, SH.MH, memaparkan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah memperkuat dukungan masyarakat secara terlatih khususnya para anggota Ormas, Orsos , dan organisasi kepemudaan lainnya didesa/ kelurahan dalam penanggulangan bencana meliputi pemahaman, kesadaran, tanggung jawab, rasa memiliki, serta partisipasi dan komitmen bersama dalam penanggulangan bencana.
Sasaran dari pemantapan Taruna Siaga bencana ini adalah masyarakat dan generasi muda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna, Pekerja sosial masyarakat, Radio Antar Penduduk Indonesia, PMI, Organisasi Sosial, MAPALA, dan organisasi Kepemudaan lainnya.
Peserta Berjumlah 30 orang yang berasal Kecamatan Poso Kota, Kecamatan Poso Kota Utara, Poso Kota Selatan, Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, Kecamatan Lage, kecamatan Pamona Utara Dan Dinas Sosnakertrans Kabupaten Poso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar