Hari Pangan Sedunia ke-29 Tahun 2009 Tingkat Kabupaten Poso


Poso – Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM, membuka secara resmi sarasehan pangan dan gizi dalam rangka hari pangan sedunia ke-29 tahun 2009 bertempat di tribun lapangan maroso poso, senin 2 Nopember 2009
Turut hadir para muspida kab. Poso, Rektor Unsimar Kab. Poso Lefrand Mango, SE.MSi, para Asisten setdakab Poso, kepala Dinas, Badan, Bagian dilingkungan Pemda kab. Poso, Ketua Tim Penggerak PKK Ny.. Elen Inkiriwang Pelealu bersama Tim Penggerak Kecamatan se-Kab. Poso, Ketua Darma Wanita Persatuan Kab. Poso Ny. Maisyura Pakaya, para Gabungan Kelompok Tani se Kab. poso serta wanita tani se Kab. Poso
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kab. Poso Munawir, SP.MM dalam laporannya mengatakan, Hari Pangan Sedunia tingkat Kab. Poso ke-29 akan dilaksanakan kegiatan Sarasehan Pangan. Lomba Cipta Menu (3B) dan Pameran pangan. Adapun tujuan penyelenggaraan peringatan hari pangan sedunia ini adalah Pertama ; meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penangan masalah pangan baik ditingkat nasional maupun daerah, Kedua ; memperkokoh solidaritas antar bangsa maupun darah dalam usaha memberantas kekurangan pangan dan gizi yang masih dialami oleh sebagian penduduk dunia terutama Negara berkembang, Ketiga ; memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan daerah guna mendukung ketahanan pangan nasional yang tangguh, Keempat ; memotivasi stakeholder ketahanan pangan untuk berpatisipasi aktif secara berkelanjutan dalam pembangunan ketahanan pangan dan mengkomunikasikan hasil-hasil pembangunan ketahanan pangan kepada masyarakat. Adapun sasarannya adalah seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam pembangunan ketahanan pangan baik pemerintah, swasta, lembaga sosial dan LSM serta masyarakat.
Lanjut, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kab. Poso juga melaporkan bahwa beberapa keberhasilan telah mendapat apresiasi dan penghargaan pemerintah pusat dimana tahun 2009 Gapoktan Putra Dewata Desa Panda Jaya telah terpilih salah satu Gapoktan terbaik dari 11.000 Gapoktan seluruh indonesia sekaligus mewakili Sulteng menerima penghargaan Bapak Persdien RI di Istana Negara tanggal 17 Agustus 2009 lalu selain itu pada hari puncak peringatan hari pangan sedunia ke-29 yang dipustkan di kompleks candi prambanan Jogjakarta tanggal 12 oktober 2009 yang lalu kelompok desa mandiri pangan desa dewua memperoleh penghargaan ketahanan pangan oleh pemerintah karena menempati urutan ke-8 nasional dari 262 desa pelaksana program desa mandiri pangan.
Kesempatan yang sama Bupati Poso dalam Sambutannya menyampaikan bahwa untuk Aikon Pembangunan poso kedepan untuk tahun 2009 s/d 2010 adalah salah satunya pertanian ini merupakan tugas pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat Kab. Poso dan persayaratan bagi terjaminnya stabilitas penyediaan pangan bagi seluruh penduduk secara berkelanjutan/berkesinambungan.
Diakhir sambutannya Bupati poso menghimbau kepada kita semua marilah memanfaatkan momentum peringatan hari pangan sedunia ke-29 tahun 2009 ini untuk bersama-sama mencari solusi dari berbagai masalaha yang berkaitan dengan upaya peningkatan ketahanan pangan di tengah-tengah masyarakat dan kepada instansi terkait jadikan kesempatan ini untuk menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan masalah-maslah ketahana pangan gizi dan kesehatan.
Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan modal bagi kelompok desa mandiri pangan dan sekolah dasar oleh Bupati Poso yang di dampingi para Muspida Kab. Poso, Rektor Unsimar yaitu penguatan bantuan usaha kelompok afinitas desa mandiri pangan sebesar Rp. 200 juta yang terdiri dari Kelompok tani sinar pebato, desa sulewana Kec. Pamona Utara sebesar Rp. 100 juta, Kelompk tani rasi ntimali desa dewua kec. Poso pesisir selatan sebesar Rp. 20 juta, Kelompok Tani Mao’de rasi, Desa Sangginora Kec. Poso Psisir selatan sebesar Rp. 20 Juta, Kelompok tani rini ntowe, desa masani kec. Poso pesisir sebesar Rp. 20 juta, kelompok tani maju bersama desa lape kec. Poso pesisir sebesar Rp. 20 juta dan kelompok tani sidomulio desa sintuwulemba kec. Lage sebesar Rp. 20 juta. Bantuan bagi kelompok wanita desa mandiri pangan untuk program P2KPG yaitu 5 kelompok masing-masing Rp. 28 juta yaitu untuk lelompok wanita mekar tani desa dewua kec. Poso pesisir selatan, kelompok wanita sejahtera desa masani kec. Poso pesisir, kelompok wanita edelweys desa lape kec. Poso pesisir dan kelompok wanita srikandi Desa sintuwu lemba kec. Lage. Bantuan bagi sekolah dasar (SD) dalam program P2KPG untuk 2 SD sebesar Rp. 200 masing-masing 100 juta yaitu SD Negeri Tegalrejo kec. Poso kota utara dan SD Negeri Pandiri kec. Lage. Bantuan pembangunan lumbung pangan sebesar Rp. 30 juta untuk kelompok lumbung pangan pebete ando desa masani kec. Poso pesisir. Dan penyerahan Dana bantuan langsung masyarakat (BLM) program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri kelautan dan perikanan (PNPM-MKP) kabupaten poso tahun 2009 yaitu di kecamatan poso pesisir utara yang berlokasi di 2 desa yaitu desa tambarana dan desa kalora sebesar Rp. 486.2209.000 yang disalurkan untuk 8 kelompok masyarakat perikanan melalui rekening masing-masing untuk desa tambarana sebesar Rp. 266.590.000 untuk 4 kelompok masyarakat perikanan yaitu Kelompok nelayan nosarara, kelompok petani tambak padaidi, kelompok petani tambak sipatuo dan kelompok petani tambak sipatuju, untuk desa kalora sebesar Rp. 219.630 untuk 4 kelomok masyarakat perikanan yaitu Kelompok petani rumput laut maju bersama, kelompok petani rumput laut usaha mandiri, kelompok petani rumput laut usaha bersama dan kelompok pengelolahan hasil perikanan suka maju.
Bupati Poso juga memberikan bantuan secara simbolis kepada 12 kelompok pengecer ikan roda dua yang mendapatkan bantuan termos 182 buah dan gabus 91 buah dari dinas kelautan dan perikanan kab. Poso tahun 2009 diwakili dari 2 kelompok yaitu nagaya dari desa malei kec. Lage dan kelompok pengecer ikan keliling desa toini kec.. poso pesisir. Dan penyerahan hadia lomba cipta menu beragam, bergizi dan berimbang (3B) tingkat kab. Poso tahun 2009 untuk juara 1 dari kec. Pamona utara, juara 2 dari kec. Poso pesisir, juara 3 dari kec. Poso kota utara, juara harapan 1 dari kec. Lage, juara harapan 2 dari kec. Poso kota selatan dan juara harapan 3 dari kec. Lore barat.
Acara dilanjutkan dengan temu wicara serasehan dipimpin langsung oleh Bupati poso dan peninjauan lokasi stand pameran pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar