Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Di Poso

Poso – Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs Amdjad Lawasa,MM Membuka Kegiatan Sosialisasi wawasan Kebangsaan Tingkat Propinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Poso, bertempat di aula Hotel Wisata Poso, kamis 22 Oktober 2009. Sosialisasi tersebut, bertajuk “Dengan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan kita Tingkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Demi terwujudnya Poso yang aman, adil, dan sejahtera dibawah lindungan Tuhan Yang Maha Esa”.
Turut hadir Pada kegiatan tersebut Dandim 1307 Poso,Letkol Inf.Suwanto,S.IP. Kepala Badan Kesbang dan Linmas Kabupaten Poso Drs Arnold Bouw, para pejabat dilingkungan Daerah Kabupaten Poso, Pemateri, para peserta, Serta Undangan Lainnya.
Gubernur Propinsi Sulawesi Tengah H.B.Paliudju dalam Sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekertaris daerah Kabupaten poso menyampaikan Bahwa pelaksanaan sosialisasi wawasan Kebangsaan tahun 2009 ini sangatlah penting bagi kita semua sebagai komponen anak bangsa dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara ditingkat daerah dalam rangka pemantapan persatuan dan kesatuan bangsa,karena tujuan sosialisasi ini untuk menyadarkan warga Negara khususnya generasi muda akan pentingnya arti kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban dihadapan hukum, serta sebagai pembentukan cara pandang yang sehat dan wajar mengenai masa depan bangsa yang bersatu,berdaulat dan sejahtera.
Fenomena kemerosotan rasa dan semangat kebangsaan dewasa ini sesungguhnya mengindikasikan belum tersosialisasi dan terimplementasinya wawasan kebangsaan secara baik, sistematis dan terprogram, sehingga nilai-nilai wawasan kebangsaan yang diharapkan bisa mengintegrasikan sekaligus mewadahi semua keanekaragaman serta perbedaan bangsa belum dapat teraktulisasikan sesuai dengan kultur dan struktur masyarakat bangsa indonesia.
Karena itu pemikiran tersebut diatas mengisyaratkan arti pentingnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai wawasan kebangsaan oleh segenap komponen bangsa terutama para generasii muda kita.oleh karena itu perlu adanya program sosialisasi wawasan kebangsaan terhadap berbagai komponen bangsa baik aparatur pemerintah maupun komponen masyarakat termasuk organisasi kemasyarakatan pemuda dan organisasi pelajar/mahasiswa, dan lembaga kemasyarakatan lainnya daerah ini. Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi tersebut, kiranya kita dapat menyamakan persepsi pengetahuan dan pemahaman kita tentang wawasan kebangsaan dan menambah wawasan kita tentang hakekat pembangunan bangsa dan watak bangsa yang tengah dijalani dewasa ini, dalam rangka menuju Sulawesi tengah yang aman, damai, adil dan sejahtera yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Dalam Kerangka Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sementara itu panitia pelaksana Ahmad Syaiful S.Sos, memaparkan dasar pelaksanaan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah No.200/348/Bakesbang Pol Linmas-G.ST/2009 tanggal 14 september 2009, Tentang pelaksanaan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Propinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Poso.
Peserta sosialisasi berjumlah 100 orang terdiri dari unsur organisasi kemasyarakatan Pemuda,Organisasi wanita,serta organisasi pelajar / mahasiswa & lembaga kemasyarakatan lainnya di Poso.
Maksud diselenggarakannya sosialisasi wawasan kebangsaan ini, adalah untuk tetap menjamin tetap tegaknya nilai-nilai dasar serta pilar bangsa yakni UUD 1945,PANCASILA,NKRI DAN Konsepsi Bhineka Tunggal Ika yang merupakan modal dalam membangun kembali kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar