100 Tahun Baptisan Masuk Ke Tanah Poso

Poso – Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang MM membuka secara resmi Kegiatan Lomba dalam rangka perayaan peringatan 100 Tahun Baptisan pertama di tanah Poso yang ditandai dengan pemukulan Gong dan Serep Pertama Bola Voli, pada kesempatan itu turut hadir Ketua Majelis Sinode GKST Pdt,Ishak Pole Msi, Wakil Ketua II DPRD Kab.Poso Ir.Sonny Kapito, Muspida, Ketua Majelis Klasis Poso Pesisir,Para Pejabat Eselon Dua dan Tiga dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso,Tripika Kecamatan Poso Pesisir dan Kecamatan Poso Pesisir Selatan, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda/perempuan serta masyarakat se-kecamatan Poso Pesisir, bertempat di halaman Kompleks Gereja Bethesda Kasiguncu, Senin 19 Oktober 2009.
CH.Menono,Sip.MH dalam laporannya, menyampaikan jenis-jenis kegiatan Lomba meliputi Bidang Olahraga, Kesenian dan Kerohanian yang diikuti mulai dari tingkat anak-anak TK sampai dewasa, beberapa kegiatan yaitu Pembangunan monumen peringatan 100 tahun batipsan pertama ditanah Poso, rehap gereja Betesda Kasiguncu dan perbaikan makan Papa I Wunte, adapun pelaksanaan kegiatan mulai tanggal 19 sampai dengan 29 oktober 2009.
Pdt Ishak Pole Msi menyampaikan peringatan 100 tahun baptisan pertama ditanah Poso sangat membawa arti dan merupakan perayaan besar yang patut diperingati karena merupakan titik awal dari pelaksanaan iman yang dimeteraikan dalam sakramen Baptisan kudus khususnya kepada umat Kristiani.
Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang MM dalam sambutannya mengatakan sangat bangga dapat merayakan peringatan 100 tahun baptisan pertama di tanah Poso karena Momentum bersejarah sepanjang zaman dimana bagi seluruh umat Kristiani yang ada di wilayah GKST. Satu kebanggaan pula melalui baptisan kepada Papa I Wunte merubah kehidupan masyarakat yang awalnya Molamoa atau kepercayaan kepada batu-batu besar yang kemudian percaya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Dalam peringatan 100 tahun baptisan pertama di tana Poso kiranya dapat membawa suasana yang lebih meningkatkan rasa kebersamaan yang menyatukan bagi semua umat baik nasrani, muslim dan hindu. Bupati Poso juga melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Peringatan 100 Tahun Baptisan pertama di tanah Poso, dan menyerahkan bantuan sebesar lima puluh juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar