Menteri Nakertrans Canangkan Pembangunan Kota Terpadu Mandiri Tampolore

Poso – Menjadikan Kabupaten Poso sebagai Kota Terpadu Mandiri tepatnya di Desa Napu, Kecamatan Tampolore, sebagai salah satu langkah yang ditempuh Pemerintah untuk menekan/mengurangi angka kemiskinan serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat itu sendiri. Pencanangan pembangunan KTM (Kota Terpadu Mandiri) di lima kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah yaitu Kabupaten Buol, Morowali, Touna, Parimout dan Kabupaten Poso.
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Dr. Ir. Erman Suparno,MBA,MSi, saat pencanangan rencana pembangunan KTM di Tampolore, mengatakan, program ini selain menekan angka kemiskinan juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja. Meskipun selama ini pemerintah melalui Depnaker terus mengembangkan cara/konsep baru melalui transmigrasi lintas pilar yaitu salah satunya ketahanan pangan nasional.
Menyinggung soal pencanangan KTM, Menagkertrans, Erman Suparno menambahkan, “Rencananya KTM ini akan dilengkapi dengan sarana prasarana fungsi kota yang ada infrastruktur, seperti yang dikatakan oleh Bupati Poso akan dilebarkan menjadi 24 meter. Kemudian ada pasar, ada Puskesmas atau rumah sakit, ada sekolahan, dan lain sebagainya,” jelasnya saat pencanangan pembangunan KTM di Tampolore, Sabtu (12/9)..
“Saya yakin KTM ini bisa mempunyai nilai, yaitu nilai pemerataan, pembangunan, nilai keadilan pembangunan, yang nantinya juga daerah-daerah terpencil dan kawasan terdekat bisa menikmati pembangunan itu sendiri. Pembangunan itu jangan hanya di kota-kota besar, tapi kita buat kota-kota penyangga agar masyarakat bisa menikmati makna dari pemerataan dan keadilan pembangunan, serta memberikan manfaat bagi masyarakat utamanya masyarakat berkategori miskin,” terang Menteri Erman Suparno yang pada kunkernya meninjau langsung lokasi dan meletakan batu pertama pembangunan BLK Tampolore, serta dilangsungkan dengan penandatangan prasasti sebagai pencanangan lima KTM.
Sementara Gubernur Sulawesi Tengah H. Bandjela Paliudju mengatakan, bahwa Tampolore merupakan daerah yang sangat strategis untuk dibangunnya sebuah pusat Kota, karena Tampolore berada di tengah-tengah antara Propinsi Sulawesi Tengah dan Daerah Kabupaten Poso. Ia (Gubernur) sangat optimis nantinya melalui pencanangan pembangunan KTM di lima kabupaten di Sulteng dapat menekan/mengurangi angka kemiskinan.
Dalam kesempatan itu juga Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa pencanangan rencana pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Tampolore adalah merupakan suatu perhatian Pemerintah yang sangat besar kepada masyarakatnya, khususnya untuk masyarakat Napu dan di daerah-daerah terpencil.
Bupati juga menyampaikan terkait pembangunan KTM di Tampolore Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan dana sebesar kurang lebih 500 Milyar lebih atau setengah Trilyun kepada Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah, yang juga akan diberikan kepada masyarakat Tampolore Kabupaten Poso sebesar 350 Milyar rupiah.
Kunker Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada pencanangan pembangunan KTM di Kecamatan Tampolore, Kabupaten Poso, dihadiri para Gubernur Sulawesi Tengah, para Bupati, unsure Muspida, para pejabat Pemda Poso, serta Tokoh Agama, Masyarakat, Adat, dan undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar