Demokrat Sementara Masih Unggul di Poso

Dari informasi yag diperoleh sampai dengan pukul 19.00 wita malam tadi, jumlah perolehan suara Partai Demokrat di Kabupaten Poso masih unggul dibanding partai-partai lain. Perolehan suara partai besutan SBY ini, tidak saja unggul di DPRD Pusat, tapi juga berhasil mendulang suara untuk caleg Provinsi dan DPRD Kabupaten Poso.
Meski hingga kini belum ada laporan resmi KPUD Poso mengenai perolehan suara pada Pemilu lalu, namun dari pantauan Mercusuar berdasarkan informasi SSB yang diterima dari kantor Sandi dan Telekomunikasi Bagian Humas Pemkab Poso serta SSB di kantor KPUD Poso, Partai Demokrat unggul di tiga kecamatan. Di Kecamatan Pamona Tenggara misalnya, untuk suara DPRD RI, Demokrat berhasil meraup 1.855 suara, disusul PDIP dengan 479 suara, PDS 258 suara, PDP 160 dan Partai Golkar 126 suara.
Sementara untuk suara DPRD Sulteng, Demokrat mampu memimpin dengan perolehan suara mencapai 1.216, disusul Patriot 386, Partai Golkar 283, PKPI 262 dan PKDI 144. Sedangkan suara untuk DPRD Kabupaten Poso masih di Kecamatan Pamona Tenggara, Demokrat unggul dengan 1.129, PDIP 487, PDP 486, PDS 239 dan Partai Hanura dengan perolehan suara mencapai 237.
Keunggulan Partai Demokrat juga terlihat di Kecamatan Pamona Barat (Dapil II) dan Kecamatan Lage (Dapil I). Di Pamona Barat dari 4.667 suara yang masuk, Demokrat pemimpin dengan perolehan 2.241 suara untuk DPR RI, 1.290 suara untuk DPRD Sulteng dan 374 suara untuk DPRD Poso.
Sementara di Kecamatan Lage yang masuk dalam daerah Pemilihan (Dapil I), Partai Demokrat unggul dengan 4.482 suara, disusul PDIP 578 suara, PAN 529 suara, PDS 471 suara dan Partai Golkar 403 suara.
Sementara itu perolehan suara yang meliputi Kecamatan Poso Kota, Poso Kota Utara dan Poso Kota Selatan, hingga petang kemarin masih dalam tahap penghitungan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Baru tiga kelurahan yang sudah dihitung, nantilah jika sudah rampung semuanya baru bisa kami sampaikan,” kata seorang petugas di PPK Kecamatan Poso Kota Utara yang hingga petang kemarin masih melakukan penghitungan. Hal yang sama juga ditemui di Kecamatan Poso Kota dan Poso Kota Selatan.
Sementara itu Ketua KPUD Poso Iskandar Lamuka yang dikonfirmasi baru-baru ini, mengaku kalau pihaknya belum menerima hasil rekapitulasi suara dari sejumlah PPK yang ada. “KPUD Poso tidak bisa mengeluarkan hasil perhitungan hanya berdasarkan prediksi atau laporan SSB saja,” ungkap Iskandar.
KPUD kata Iskandar baru akan melaporkan hasil jika pihaknya sudah menerima berita acara rekapitulasi perhitungan suara dari sejumlah PPK. “Hingga kini belum ada berita acara rekapitulasi yang kami terima, karena masih terjadi proses penghitungan di PPK,” ujarnya.
Meski KPUD sendiri dilengkapi dengan peralatan SSB untuk memantau perolehan suara di setiap kecamatan, namun Iskandar mengatakan, informasi tersebut tidak bisa dikatakan bersumber dari KPUD. “Itu data sementara dan belum semua suara di TPS masuk, boleh saja itu dijadikan referensi, tapi bukan berarti itu bersumber dari KPUD Poso. KPUD bisa mengeluarkan gambaran hasil rekapitulasi suara setelah menerima hasil dari PPK,” tambahnya.(Mercusuar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar