Bupati Poso Pimpin Rapat Kesiapan STQ ke XX 2009

Poso – Menjelang pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XX 2009 tingkat provinsi se-Sulawesi Tengah yang akan berlangsung di Kabupaten Poso pada tanggal 4 – 8 Mei 2009, panitia penyelenggara telah menyiapkan beberapa hal yang berhubungan dengan pelaksanaan ini. Diantaranya kesiapan bangunan fisik arena STQ yang akan dipusatkan di lapangan Maroso Poso, dan beberapa tempat yang akan dihuni/tinggali para kafilah-kafilah dan hakim dari berbagai kabupaten yang ikut serta dalam penyelenggaraan STQ.
Olehnya, demi tersuksesnya dan berjalan lancar pelaksanaan STQ yang nantinya diikuti dari 10 kabupaten dan 1 kota di Sulawesi Tengah, Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM bersama unsur Muspida dan para seluruh panitia yang terlibat langsung dalam pelaksanaan STQ melaksanakan rapat koordinasi kesiapan STQ, bertempat di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Rabu 22 April 2009.
Rapat yang bertujuan untuk mengecek dan melaporkan langsung sejauh mana kesiapan para panitia dalam menghadapi pelaksanaan STQ tingkat provinsi ini nantinya, adalah suatu kesiapan panitia seperti halnya penyediaan lokasi dan sarana yang ada di dalam maupun diluar arena STQ. Seperti bangunan pondok-pondok disekitar lokasi, lokasi tempat pameran, penataan jalan, penyediaan air, serta penataan listrik/lampu-lampu di arena maupun di ruas-ruas jalan utama dengan pemasangan lampu-lampu hias.
Dalam rapat ini juga para panitia yang terlibat langsung melaporkan beberapa kesiapan dalam menghadapi STQ, yaitu kesiapan konsumsi dan penerimaan tamu, kesedian tenaga listrik dan air, pengisian tempat BMM di SPBU, pengadaan posko pengamanan di area STQ, posko kesehatan yang akan ditempatkan di Gedung Dharma Wanita, jalur transportasi dalam hal ini panitia telah menyiapkan 41 buah kendaraan, pada penjemputan yang akan dilakukan di dua pintu masuk yaitu di Kecamatan Lage dan Kecamatan Poso Pesisir yang ditandai dengan penjemputan adat dan pengalungan bunga. Dan untuk persiapan yang jauh sebelumnya telah dilakukan oleh panitia, seperti halnya telah dilakukan publikasi kepada seluruh masyarakat melalui penyampaian di tempat-tempat umum dan pemasangan spanduk di ruas-ruas jalan, penyampaian kepada para camat melalui program K3 sekaligus penertiban hewan-hewan liar yang bekerjasama dengan satuan Pol PP, serta melakukan kerja bhakti sosial.
Menanggapi berbagai soal kesiapan dan laporan dari seluruh panitia yang terlibat pada pelaksana STQ ini, Bupati Poso mendukung sepenuhnya segala bentuk upaya dan kerja keras panitia dalam mendukung dan mensuksesnya STQ nantinya, baik dari segi sarana prasarana, akomodasi, konsumsi, transportasi, serta lainnya yang menyangkut dengan kebutuhan pelaksanaan STQ. Sehingga momentum ini (STQ) bisa berjalan aman, lancar, tertib dan sukses yang bisa memberikan nilai positif bagi daerah ini (Poso) dari daerah-daerah lain, utamanya yang ikut dalam pelaksanaan STQ ini.
Bupati mengharapkan, kepada panitia pelaksanaan STQ ini agar lebih melibatkan warga masyarakat Poso maupun pihak-pihak lainnya agar berpartisipasi dalam penyelenggaraan STQ. “Yang terpenting adalah kesiapan dengan memperhatikan kebersihan di lokasi arena maupun lokasi lainnya seperti, di ruas jalan dan rumah-rumah warga yang memenuhi standar kelayakan dari panitia yang akan ditempati para khafilah-khafilah, terlebih adalah saling mengkoordinasi antara sesama panitia,” jelas Bupati Poso yang juga selaku Penanggungjawab Pelaksana STQ
“Dari segi pengamanan pihak pihak Polres nantinya akan menurunkan 660 personil sudah termasuk TNI/Polri dan Satuan Pol PP. Dan untuk kesiagaan, pihak keamanan akan melakukan pengamanan mulai tanggal 29 April – 9 Mei 2009 dibeberapa tempat yang akan ditentukan, utamanya di arena lokasi STQ,” tambah Kapolres Poso AKBP Drs. Adeni Mohan Dg Pabali,MM menyikapi soal sistem pengamanan saat pelaksanaan STQ nantinya.
Ditempat terpisah Kabag Humas Setdakab Poso yang juga panitia STQ sebagai Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi STQ, Amir Kiat SH, menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan STQ nanti, saat ini sudah mencapai 98 % dan tinggal 2 % untuk pembenahan secara keseluruhan. “Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Poso siap menyambut pelaksanaan STQ ini, serta menerima para kafilah. Dan saat ini Ketua Tim PKK Ny. Ellen Inkiriwang Pelealu bersama anggotanya mengunjungi tempat-tempat pemondokan para kafilah sekaligus bertatap muka dengan pemilik rumah,” tutup Amir Kiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar