STIAI POSO BAKAL BERDIRI

STIAI POSO BAKAL BERDIRI
Departemen Agama (Depag Poso) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab. Poso) akan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STIAI) di Kabuapten Poso. Direncanakan STIAI Poso akan dibuka dan beroperasi pada tahun ajaran ini. Makanya guna merealisasikan pendirian STIAI Poso, Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang, MM kemarin menemui Menteri Agama (Menag) RI Maftuh Basyumi di Jakarta. Kedatangan Bupati tersebut dalam rangka melapor sekaligus meminta izin pendirian STIAI Poso.
Kabag Humas Setdakab. Poso Amir Kiat, SH yang dihubungi via ponselnya, mengatakan saat bertandang di kediaman Maftuh Basyumi , bupati Piet didampingi Kakandepag Poso Nasrudin L Midu. “Rencana mendirikan STIAI Poso direspon positif oleh menteri Agama,” jelas Amir Kiat yang saat itu juga ikut mendampingi Piet dan Nasrudin.
Kata Amir, Menteri Agama menyambut positif pendirian STIAI di Poso. “Pak menteri berjanji akan menandatangani izin secepatnya,” urai Amir.
Lanjut Amir menjelaskan, STIAI Poso hanya membuka dua jurusan yaitu Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) dan Syariah. Mengingat belum memiliki gedung sendiri, maka untuk sementara aktivitas perkuliahan akan dilaksanakan di SMPN 6 Kayamanya, Poso Kota.
Amir juga menjelaskan Menag Maftuh Basyuni sempat menanyakan latar belakang mendirikan STIAI Poso. Saat itu Bupati Piet menjawab bahwa rencana mendirikan STIAI Poso sudah mendapat restu dan sokongan semua elemen masyarakat.Termasuk dukungan Pemkab Poso, Universitas Sintuwu Maroso Poso, Tokoh Agama, dan lembaga-lembaga lainnya. “Semua elemen masyarakat dan lembaga terkait mendukung pendirian STIAI di Poso. Ini buykti nyata bahwa Poso telah benar-benar aman dan kondusif,” tutur Amir meniru ucapan Bupati Piet ke menteri Maftuh Basyumi.
Bahkan, menurut Amir, Depag Poso menyatakan pendirian STIAI Poso sudah mendapat dukungan dari sekolah-sekolah keagamaan di Kabupaten Poso. Sekian……
( Demikian Berita yang dilansir dari Media Radar Sulteng edisi 9 Februari 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar