REALISASI DAK POSO SUDAH 99 PERSEN

Realisasi DAK Poso Sudah 99 Persen
POSO-MI : Realisasi dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2008 Kabupaten Poso, Sulawesi tengah khusus pengadaan buku bacaan, computer dan multimedia atau alat peraga telah mencapai 99 persen dari 53 sekolah dasar (SD) yang mendapat kucuran DAK. Dimana, satu SD memperoleh Rp 90 juta. Dari 53 SD tersebut, tinggal satu SD Desa Tambara, Kecamatan Poso Pesisir Utara yang hingga kini belum selesai pengadaan bahan-bahan tersebut.
Hal ini diakui Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Poso Sudir Losina, Jumat (20/2). Menurutnya, 52 SD telah 100 persen selesai tinggal satu SD yang baru 70 persen rampung pengadaan bahan-bahan sekolah tersebut. Pihaknya telah mengingatkan pihak pekerja untuk segera menyelesaikan pekerjaanya. Hingga kini, pihaknya masih menahan dana tahab tiga karena pekerjaan belum diselesaikan. “kami minta pihak pekerja untuk menyelesaikan dulu pekerjaanya, baru dana tahab tiga kami cairkan,” ujarnya.
Sementara itu, untuk tahun 2009 ini. Pemda Poso, memperoleh DAK sebesar Rp 31 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan sarana fisik untuk 134 SD di Poso. Dari Rp 31 miliar sebanyak Rp 28 miliar bantuan dari pemerintah pusat sementara sisanya diambil dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).
Sudir mengingatkan kepada setiap SD untuk tidak tergesa-gesa mengambil mitra kerja sebelum turun petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat. Ini untuk menghindari tekanan dari mitra kerja karena pengalaman pengelolaan dana DAK sebelumnya banyak kepala sekolah yang mengalami tekanan dari mitra kerja karena terlanjur menjanjikan pekerjaan pengelolaan dana DAK tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar