Sosialisasi Sistem Informasi Managemen Daerah di Poso


Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang,MM yang diwakili Sekertaris Daerah Kab.Poso Drs.Amdjad Lawasa,MM membuka resmi Kegiatan Sosialisasi  Sistem Informasi Managemen Daerah (SIMDA) bagi Bendahara pengeluaraan dan pejabat penatausahaan, digedung Wanita Poso , selasa 29 maret 2011.

Sosialisasi SIMDA Tersebut bertajuk ”Dengan Sistem Informasi Managemen Daerah (SIMDA) Kita Tingkatkan Proses Pengelolaan Keuangan Yang Baik Serta Dapat Menciptakan Aparatur Pengelola Yang Handal”.
Sosialisasi tersebut ditujukan kepada Bendahara Pengeluaran Dan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan operator komputer yang membidangi keuangan Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.
Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang,MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Amdjad Lawasa,MM menyampaikan bahwa Sosialisasi Sistem Informasi Managemen Daerah yang diikuti para bendahara Pengeluaran, Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), dan Operator Komputer tersebut, sebagai bentuk Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang pengelolaan Keuangan Daerah yang ditindak lanjuti dengan adanya Naskah Kerjasama Operasional pengembangan Managemen Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah.
Sosialisasi inipun tidak terlepas dari usaha Pemerintah Daerah untuk memperbaiki Proses Penata Usaha Keuangan dilingkungan Daerah Kabupaten Poso, yang akuntabel dan lebih Profesional agar dapat menghindari kesalahan dalam Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah dan tetap berpegang teguh pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan negara yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme terhadap pengelolaan Keuangan Daerah.
Diakhir sambutannya Sekertaris Daerah Kab.Poso menambahkan bahwa Hal sosialisasi inipun dimaksudkan agar para bendahara pengeluaran dan pejabat pengelola penatausahaan mendapat acuan pembuatan Petunjuk dalam penyusunan rencana kerja anggaran (RKA), dokumen pelaksanaan anggaran (DPA), Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA), Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), Surat Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Dan Surat Perintah Membayar (SPM).
Sementara itu, Ketua Paniati Pelaksana Sukimin, SH, M.Si yang diwakili Ridwan Bempah, S.Sos dalam laporannya memaparkan bahwa Sosialisasi SIMDA tersebut untuk memperbaiki proses penatausaha keuangan dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso agar menjadi lebih baik lagi, dan lebih tertata dan tersusun dengan baik kedepan nantinya.
            Peserta sosialisasi terdiri dari seluruh bendahara pengeluaran, Pejabat Penata Usahaan Keuangan serta Operator Komputer Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, yang berjumlah 239 orang. Yang terdiri dari Dinas,Badan,Kantor 32 SKPD, Sekertariat Daerah 9 Bagian, 19 Kecamatan dan 23 Kelurahan.
Hadir pada Sosialisasi tersebut, Para Pejabat Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, dan para peserta Sosialisasi lainya dan Kegiatan tersebut, rencananya akan berlangsung selama 2 Hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar