Dialog Lintas Agama Dengan Pemerintah Daerah Poso

Poso - Bupati Poso diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Poso Drs. Arnold Bouw Buka secara resmi kegiatan Dialog Sehari Lintas Agama Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1431 H, Bertempat Di Hotel Wisata Poso, Senin 09/08.
Dalam Sambutan tertulis Bupati Poso yang dibacakan Kaban Kesbang dan Linmas Drs. Arnold Bouw mengatakan bahwa mengingat hal ini merupakan salah satu langkah dengan berbagai upaya untuk meningkatkan penguatan rasa persatuan dan kesatuan serta harmoni sosial ditengah-tengah masyarakat, olehnya itu saya sangat mengharapkan perhatian dan kesungguhan dari kita semua terhadap apa yang akan di komunikasikan melalui kegiatan ini sehingga nantinya setelah dialog lintas tokoh agama ini selesai, saudara-saudara akan mampu mengaplikasikannya ditengah-tengah masyarakat. Begitu pula selama dialog ini diharapkan agar bertukar pengalaman dan informasi dengan mengemukakan berbagai permasalahan yang sering dihadapi atau mungkin dirasakan sebagai suatu kendala di tengah-tengah masyarakat, sehingga melalui dialog inipun akan dapat dirumuskan suatu format yang tepat untuk dilaksanakan diwilayah masing-masing, khususnya yang berkaitan dengan tujuan penyebarluasan informasi publik bagi masyarakat tentang pentingnya peningkatan pengalaman kehidupan beragama dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan antar umat beragama bahkan kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah Bumi Suntuwu Maroso ini.
Lanjut Bupati, Hal ini perlu saya kemukakan karena setiap wilayah sasaran atau kelompok masyarakat sudah barang tentu memiliki permasalahan yang berbeda, demikian pula kondisi masyarakat kita sekarang sangat rentan sehingga sedikit saja kekeliruan yang kita lakukan terutama dalam bidang informasi itu, bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius, Olehnya perlu saya mengingatkan kembali agar dalam mengaplikasikan hasil dialog ini ditengah-tengah masyarakat, diharapkan tidak menimbulkan kesan arogansi apalagi sifat-sifat yang tidak mencerminkan rasa persaudaraan artinya ciptakanlah suasana yang menyejukan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masing-masing.
Sementara itu Panitia Pelaksana Kegiatan dalam laporannya yang dibacakan Kristian Bontinge menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada program pelayanan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso Tahun 2010 tentang peningkatan kerukunan umat beragama melalui dialog lintas tokoh agama dengan Pemerintah Kabupaten Poso yang dilaksanakan pada saat-saat menghadapi/menyambut hari-hari raya keagamaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi baik antar tokoh lintas agama maupun dengan Pemerintah, sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan kerukunan umat beragama. Jumlah peserta yang mengikutin kegiatan dialog ini sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari Tokoh Muslim, Kristen, Hindu dan Katolik.
Hadir pada pembukaan dialog tersebut Muspida Kabupaten Poso, Kepala Kantor kementrian Agama kabupaten Poso DR.H. Nasruddin L Midu, M.Ag, Ketua Sinode GKST Pdt. Ishak Pole, M.si, Peserta dialog serta undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar