Pemilukada Poso Berlangsung Aman


Poso –Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM bersama Ibu Ellen Pelealu Inkiriwang mendatangi TPS Smaker Poso Kelurahan Kasintuwu Kecamatan Poso Kota untuk memberikan hak suaranya pada pemilukada poso Rabu, 02/06.
Sebelum mencoblos, Bupati memeriksa kertas suara yang telah diberikan KPPS sambil memperlihatkan kepada para saksi tentang keabsahan surat suara tersebut yang tidak rusak, sobek, cacat dan sebagainya sehingga sah untuk digunakan memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Poso periode 2010 s/d 2015.
Setelah memberikan hak suaranya di TPS itu Bupati juga menyempatkan melihat langsung TPS-TPS lain yang ada di wilayah Kelurahan Gebang Rejo, Kayamanya, Moengko (Kecamatan Poso Kota), dilanjutkan ke wilayah Lembomawo (Kecamatan Poso Kota Utara) dan berakhir di Silanca Kecamatan Lage.
Sementara itu Kabag Humas Amir Kiat, SH yang ikut dalam rombongan Bupati menjelaskan jumlah pemilih yang terdaftar 142107 orang yang dibagi dalam 460 TPS tersebar di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Poso.
Amir mengatakan bahwa pemilukada merupakan sebuah pesta demokrasi, pesta rakyat yang harus disukseskan pelaksanaannya untuk menentukan pemimpin daerah periode selanjutnya yang akan membawa poso menjadi lebih baik lagi di periode 2010-2015.
Lanjutnya, situasi dan kondisi poso sampai pada pelaksanaan hari “H” pencoblosan tetap dalam keadaan aman dan terkendali hal tersebut berkat dukungan dan kerja sama Polri/TNI bahkan seluruh lapisan masyarakat poso itu sendiri. Bahkan semalam sebelum pencoblosan Sekab Poso Drs, Amdjad Lawasa, MM didampingi Inspektur Poso Anthony H. Tadjongga, BSc, S.Sos, Kabag Humas Amir Kiat, SH, Kabag Umum, Drs, Mahmuddin Jamal, MM, Kabag Pemerintahan Purnama Megati, S.Sos secara bersama-sama melakukan monitoring terhadap beberapa sample TPS yang ada di Kecamatan Poso Kota, Poso Kota Utara dan Poso Kota Selatan.
Turut serta Bupati dalam peninjauan tersebut Kepala Inspektur Pso Anthony H. Tadjongga, BSc, S.Sos, Asisten Administrasi Umum Drs, Sin Songgo, Kepala Bapeda Poso Ir, J.Tumiwa, Kasat Pol PP Rudy Rompas, SH, Kabag Humas Amir Kiat, SH
Sampai berita ini dirilis perolehan suara yang masuk di Komisi Pemilihan Umum Poso unggul sementara kandidat nomor 4 pasangan Bupati Incumbent Drs Piet Inkiriwang, MM bersama Ir, T Syamsuri dengan perolehan suara 38, 72 persen (jumlah suara 44.395) disusul pasangan kandidat nomor 2 Ir, Sony Tandra bersama Mulyadi 26,20 persen (jumlah suara 30.039) kemudian diikuti pasangan nomor 3 Frans Sawolino-Bur Andi Masse 18,76 persen (jumlah suara 21.510) dan terakhir pasangan Hendrik- Abdul Thalib 16,33 persen (jumlah suara 18.727).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar