Ribuan Orang Jalan Santai Di Pinggir Danau Poso

Poso – Ribuan manusia lakukan jalan santai sambil mengantongi kotoran yang berhamburan dijalan sepanjang rute seuasi dilepas oleh Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM yang bertempat dipanggung utama lokasi Festival Danau Poso (FDP) Tentena Kecamatan Pamona Utara, Selasa 17 November 2009.
Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM dalam sambutannya mengatakan, pagi yang cerah ini adalah merupakan salah satu karunia Tuhan Yang Maha Esa (TYME) , dan tentu segala sesuatu yang telah diberikan kepada kita (Manusia) semua harus dijaga dengan baik dan di Syukuri, sebab tidak semua manusia didunia dapat menikmati serta melakukan hal yang sama seperti kegiatan yang akan kita jalankan di pagi hari ini.
Selain itu juga Bupati Poso mengatakan bahwa, kegiatan jalan santai ini adalah bagian dari program-program Pemerintah, oleh karena itu bentuk dari kegiatan semacam ini harus tetap didukung oleh masyarakat Poso secara keseluruhan dan yang paling utama oleh Dinas Kesehatan, sehingga jalan santai tetap menjadi komitmen bersama yang akan terus menjadi Hari Kesehatan Nasional.
Jalan santai bukan pula hanya dilakukan pada hari-hari Nasional saja, namun akan lebih baik jika dilakukan setiap hari atau minimal tiga (3) sampai dengan empat (4) hari dalam seminggu, meski santai berjalan namun kalau dilakukan setiap paginya pelan-pelan akan membuat jasmani kita menjadi sehat, semua dapat sehat dan pasti Negara pun akan kuat, Tandas Bupati Poso.
Lanjut Bupati Poso, diberbagi belahan Kecamatan yang ada di Kabupaten Poso telah menunjukan rasa persatuan dan kesatuan, mulai dari orang tua, Remaja, anak-anak sekolah bahkan sampai pada anak-anak dibawah umur sudah memperlihatkan suatu rasa kedamaian yang hangat yang terhimpun dalam sebuah Hari Kesehatan Nasional (HKN) secara bersama-sama sekaligus Memperingati Hari yang ke-45.
Dikesempatan yang sama Ketua Panitia Hari Kesehatan Nasional (HKN) Abdu Umar Apt M. Kes menyampaikan, dari tahun ketahun kegiatan semacam ini (Jalan Santai) yang dilakukan di Kabupaten Poso tidak begitu antusias, semua terlihat dari banyak dan sedikitnya jumblah orang yang ikut serta, namun hal yang sama semacamnya terjadi pada hari ini, akan tetapi sangat berbeda dari yang pernah ada, perbedaannya sangat jelas dan nampak sebab jalan santai yang dilakukan pada hari ni dapat mengumpulkan jumblah peserta hingga mencapai Tiga Ribu (3000,-) jiwa.
Ketua panitia juga menambahkan bahwa, program dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-45 sengaja dibuat di Daerah Tentena Kecamatan Pamona Utara, sebab yang menjadi alasan utama sehingga dibuat di Tentena karena merupakan titik tengah dari berbagai Kecamatan- Kecamatan yang ada di Kabupaten Poso sekaligus memperkenalkan obyek Wisata dan juga sebagai tempat sarana pagelaran, kontes, bahkan seni tari-tarian adat Poso kepada Mancanegara.
Diakhir sambutan, Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM menyampaikan isi pidatonya secara tegas bahwa, kepada semua masyarakat yang ada tetaplah dan terus bangkit dari keterpurukan, karena berusaha untuk maju berarti telah mengukir Poso kedepan menjadi Kota yang bersih, sehat, damai, sejahtera serta telah membantu masa depan kita semua dan anak cucu kita, oleh sebab itu janganlah pernah berputus asa karena hal itu adalah tanda orang yang tidak mau berfikir untuk maju, dan jika hal ini terjadi maka pasti kita semua yang harus bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar