Kodim 1307 Poso Siap Bantu Pemda Dalam Penanggulangan Bencana Alam


Poso – Bencana alam merupakan peristiwa alami yang tidak kita harapkan datangnya, sebab bencana/peristiwa ini mampu merusak segala sesuatu yang ada disekitar kita, bahkan dapat merenggut jiwa manusia. Ini juga dapat menyebabkan kerugian berupa material.
Olehnya Kodim 1307 Poso dan Korem 132 Tadulako dengan melibatkan pemerintah daerah setempat serta satuan pengamanan lainnya menggelar Geladi Posko I dalam rangka melaksanakan operasi bantuan dalam penanggulangan bencana alam di beberapa wilayah yang menjadi tanggung jawab atau titik rawan bencana. Pelaksanaan operasi bantuan atau berupa simulasi yang dipusatkan di halaman Makodim 1307 Poso, diawali dengan upacara pembukaan di Aula Kodim 1307 Poso.
Dalam amanat Komandan Komando Resor Militer 132 Tadulako, Kolonel Kav. M.Thamril Marzuki, yang dibacakan Kepala Staf Korem 132/Tadulako Letkol Kav. Romantika Hadi, mengatakan, dilaksanakannya Geladi Posko I merupakan suatu bagian atau skenario latihan tehnis dalam kesiapan mencegah terjadinya suatu bencana. Sebab seperti diketahui bersama, wilayah Sulawesi Tengah yang juga memiliki potensi ancaman dalam berbagai bentuk termasuk ancaman bencana alam, perlu adanya kesiapan yang matang dalam melakukan upaya penanggulangan.
“Selain tugas dan tanggungjawab dari Kodim 1307 Poso maupun Korem 132 Tadulako yaitu menjaga stabilitas keamanan wilayah Poso, kegiatan ini juga guna membantu Pemda setempat dalam menanggulangi bahaya akibat bencana alam yang akan terjadi di wilayahnya utamnya di Kabupaten Poso,” terang Danrem dalam amanatnya, Senin (19/10), di Aula Kodim 1307 Poso.
Olehnya, untuk meningkatkan kemampuan para prajurit dalam mengantisipasi dan mengatasi terjadi ancaman khususnya ancaman bencana alam di wilayahnya, maka komando memprogramkan latihan yang terencana sebagaimana pelaksanaan Geladi Posko I. “Agar pelaksanaan Geladi dapat mencapai sasaran dan berjalan secara professional serta mencapai hasil yang optimal, libatkan pihak atau satuan lain yang berada di jajaran kabupaten Poso sesuai kebutuhan. Serta perhatian efisiensi dalam setiap pelaksanaan kegiatan, baik dalam tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan maupun pengakhiran,” harapnya.
Saat pelaksanaan kegiatan ini, Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Suwanto Sip yang juga sebagai Satkorlap I pada operasi bantuan penanggulangan bencana alam dalam keterangannya, mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 hari (19 - 21 Oktober 2009) bertujuan, untuk meningkatkan kerjasama antara sesama instansi terkait, mengambil keputusan dan memiliki langkah-langkah yang cepat dan tepat secara emergency, serta memanfaatkan komunikasi sebagai sarana pengendali.
“Selama 3 (tiga) hari pelaksanaan operasi bantuan ini yaitu mulai Senin hingga Selasa (19-20) dilakukannya tahap perencanaan dan pada hari Rabu (puncaknya) dilakukan tahap dinamika. Juga pihak kita pada penanggulangan bencana nantinya, menggunakan radio dan HT (Handy Talky) sebagai sarana infomasi dan komunikasi,” jelasnya.
Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri unsur Muspida Kabupaten Poso Ketua Pengadilan Negeri Poso H. Muh.Nurzaman,SH,M.Hum, Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Suwanto,Sip, Kepala Inspektorat Kabupaten Poso Anthony H.Tadjongga,BSc,S.sos, Danrem 132 Tadulako yang diwakili Kepala Staf Korem 132 Tadulako Letkol Kaveleri Romantika Hadi, Camat Poso Kota Maryono Ari Pamungkas,SH, serta beberapa unsur TNI lainnya.

1 komentar: