Nuzul Qur’an 1430 H / 2009 M Digelar di Mesjid Al-Munawarah Pemda Poso


Poso – Peristiwa yang paling besar dan agung saat bulan suci ramadhan adalah peristiwa turunnya Al-Quran atau yang disebut dengan malam Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an yang jatuh pada malam 17 ramadhan tepatnya pada sebuah malam yang disebut malam Lailalitul Qadr, merupakan hal yang sampai saat ini selalu diperingati oleh sebagian umat Islam diseluruh dunia.
Olehnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Panitia Tetap Hari-Hari Besar Islam (PTHBI) menggelar peringatan ini (Nuzulul Qur’an), bertempat di Mesjid Al-Munawarah Pemda Poso, Kelurahan Gebangrejo, Senin 7 September 2009.
H. Ust. Arifin Tuamaka,S.Ag,MM dalam khidmahnya, mengatakan, bahwa dalam memperingati Nuzulul Qur’an/turunnya Al-Qur’an, kita sebagai umat manusia yang beriman dan bertaqwa dituntut agar lebih mendalami isi maupun kandungan dalam Al-Quran. Sebab Al Qur'an adalah kita suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul, memiliki berbagai keistimewaan/keutamaan dibandingkan dengan kitab-kitab suci lainnya.
Dimana Al-Qur’an dapat memberi pedoman dan petunjuk serta kesejahteraan dan kebahagiaan manusia seluruh bangsa dimana pun berada, serta segala zaman/periode waktu. Memiliki ayat-ayat yang mengagumkan dan menghilangkan kebebasan berfikir serta memperlemah kemampuan berupaya dan berkarya manusia.
Ditambahkannya, Qur’an juga dapat memberi gambaran umum ilmu alam untuk merangsang perkembangan berbagai ilmu. Memiliki ayat-ayat yang menghormati akal pikiran sebagai dasar utama untuk memahami hukum dunia manusia. Menyamakan manusia tanpa pembagian strata, kelas, golongan, dan lain sebagainya. Yang menentukan perbedaan manusia di mata Allah SWT adalah taqwa. Serta menanamkan tauhid dalam jiwa manusia.
Olehnya Ust Arifin mengingatkan, agar Al-Qur'an sebagai kitab suci seluruh umat Islam sebaiknya tidak hanya dibaca namun dikaji isi yang terkandung didalamnya.
Sementara itu Wakil Bupati Poso Abd.Muthalib Rimi,SH,MH dalam sambutan singkatnya mengharapkan, agar makna puasa pada bulan ramadhan 1430 H/2009 M ini lebih dimaknai sedalam-dalamnya, sehingga apa yang telah kita dapat selama bulan puasa dapat kita implementasikan. Yang mana ini nantinya akan memberikan suatu perubahan positif buat kita kea rah yang lebih baik.
Sebelumnya juga Ketua PTHBI Kabupaten Poso Atmajaya Mardjun,S.Sos,MM menyampaikan, bahwa program kegiatan-kegiatan seperti ini (Nuzulul Qur’an) sudah merupakan program pemerintah daerah kabupaten Poso dengan PTHBI Kabupaten Poso. Dimana salah satu tujuannya agar bagaimana umat-umat Islam bisa memahami islam yang seutuhnya, sebab disamping itu juga ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakatnya agar lebih menekuni peringatan-peringatan yang bernuansa Islami.
Malam Nuzulul Qur’an yang sebelumnya dilaksanakan shalat Isya’ dan Tarawih di Mesjid Al-Munawarah Pemda Poso ini, dihadiri para unsur Muspida, Kepala DInas, Kantor, Badan dan Bagian, para anggota DPRD Poso, serta para jamaah mesjid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar