Manasik Haji 1430 H / 2009 M

Poso – Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang, MM yang dalam hal ini Diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Drs.H Amdjad Lawasa, MM Membuka Secara Resmi Kegiatan Manasik Haji, Musim Haji 1430 H / 2009 M bertempat di Gedung PGRI Kabupaten Poso, Selasa 4 Agustus 2009.
Hadir Pula Pada Kegiatan Manasik Haji tersebut Muspida Kabupaten Poso, Kepala kantor Departemen Agama Kabupaten Poso Drs.H Nazaruddin L Midu, M.Ag, Para Calon Jamaah Haji Tahun 2009, Serta Para Undangan Lainnya.
Kepala kantor Departemen Agama Kabupaten Poso Drs.H Nazaruddin L Midu, M.Ag dalam Arahan Singkatnya Mengatakan bahwa Kalau kita menginginkan agar haji kita bisa mendapat hasil yang baik, maka haruslah mengikuti manasik haji secara seksama karena itu merupakan suatu petunjuk agar dalam melaksanakan Ibadah haji tidak merasa bingung dan bertanya – Tanya Tata cara pelaksanaanya pada saat tiba nanti.
Haji yang mabrur adalah haji yang dilaksanakan dengan hati yang Tulus serta Jiwa yang bersih dengan tujuan semata – mata hanya ingin mendapatkan Ridha dari Allah SWT semata. Untuk itu Drs.H Nazaruddin L Midu, M.Ag menganjurkan Khususnya Kepada Calon Jamaah Haji Hendaknya mengikuti Manasik Haji ini dengan baik bukan hanya berdasarkan teori akan tetapi sampai kepada prakteknya nanti dan semoga mendapatkan Haji yang Mabrur.
Sementara itu dalam sambutan Bupati Poso yang dibacakan Sekab Drs.H Amdjad Lawasa, MM mengatakan Ibadah haji merupakan Rukun Islam yang kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap Umat Islam yang mampu, Ibadah Haji adalah merupakan Ibadah yang sarat dengan Hikmah dan Keistimewaan. Baik itu dengan Keistimewaan – Keistimewaan yang dijanjikan oleh Allah yang berupa materi pada saat kita hidup di Dunia sekarang ini, Selain itu pula Ibadah Haji adalah merupakan Anugerah dan nikmat yang besar dari Allah SWT yang Wajib disyukuri oleh setiap Muslim yang melaksanakanya.
Lanjut dikatakan tidak semua Umat Islam diberikan kesempatan untuk menunaikan Ibadah Haji, Banyak Umat Islam yang sudah mampu dari segi materi tapi belum ada keinginan untuk berangkat, Tidak sedikit Umat Islam yang sudah ada keinginan tapi materi belum mampu. Olehnya itu Bupati megucapkan selamat Buat calon Jamaah Haji yang bakal berangkat Kurang lebih Dua Bulan lagi ketanah Suci. Dan semoga bisa mendapatkan haji yang Mabrur setelah Kembali ketempat asalnya.
Pada kesempatan yang sama Dalam Laporan Panitia Kegiatan yang dibacakan H. Arifin Tuamaka, S.Ag, MM menyampaikan bahwa Dasar Pelaksanaan Kegiatan ini mengacu pada Undang – undang RI Nomor 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji.( Lembaran Negara RI Tahun 2008 No 60 Tambahan Lembaran Negara RI No 4845). Tujuan Kegiatan ini Adalah agar para calon jamaah haji diharapkan dapat memahami dan menghayati tujuan serta hakikat Ibadah Haji sehingga akan menumbuhkan sikab Khusyu dalam melaksanakan Ibadah Haji menuju tercapainya haji yang Mabrur.
Lanjut berdasarkan Keputusan Pemerintah pada Musim Haji tahun 1430 H / 2009 M ditetapkan Calon Jamaah Haji Kabupaten Poso Berjumlah 104 Orang dengan catatan 1(satu) Orang meninggal Dunia dan 3 Orang belum memenuhi persyaratan Administrasi sehingga peserta yang mengikuti manasik Haji berjumlah 100 Orang dengan perincian : Kecamatan Poso Kota 26 Orang, Poso Kota Utara 10 Orang, Kecamatan Lage 6 Orang, Poso Pesisir 28 Orang, Poso Pesisir Utara 26 Orang, Pamona Utara 3 Orang, Pamona Selatan 1 Orang. Serta Kegiatan Manasik Haji Dilaksanakan Selasa 4 Agustus s/d 6 Agustus 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar