Pembukaan Workshop Permuseuman


Bupat Poso Drs.Piet Inkiriwang,MM Diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs.Amdjad Lawasa,MM Membuka Kegiatan Sehari Worshop Permuseuman hasil kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Pemuda,Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Poso Bertempat di Aula Hotel Wisata, Kamis 30 April 2009.
Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sulawesi Tengah yang di wakili Kasubdin Sejarah dan Purbakala Dra.Muslimah,Mpd , Kadis Pemuda,Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Poso Drs.Hendrik Tauro, Kadis Pendidikan Drs.Berlin Matoneng serta Para Undangan Lainnya.
Dalam Sambutan Bupati yang dibacakan Sekkab Drs.Amdjad Lawasa,MM mengatakan bahwa Kegiatan Worshop ini merupakan suatu media dan upaya yang diharapkan dapat memberikan Kontribusi yang positif terhadap upaya pemahaman dan peningkatan kemampuan dari para pengelola dan pemerhati Museum, maupun terhadap peningkatan mutu dan peningkatan apresiasi masyarakat terhadap dunia Pendidikan Permuseuman.
Lanjut dikatakan Kegiatan ini merupakan wujud Kepedulian dan perhatian kita semua dalam rangka memberdayakan potensi berbagai peninggalan budaya dan tata nilai yang dimiliki Kabupaten Poso. Worshop ini juga merupakan media Komunikasi dan sarana untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan berbagai informasi Permuseuman terhadap kita semua. Serta Worshop ini juga dapat menjadi wahana Komunikasi yang mampu mentransfer Subtansi dan Nilai – nilai luhur yang tersimpan dalam Museum yang berimplikasi terhadap Pengembangan dunia Pendidikan Khususnya pengetahuan tentang Permuseuman.
Worshop Permuseuman ini menjadi penting bagi Pengembangan Daerah Kabupaten Poso yang merencanakan Pendirian dan Pengelolaan Museum lokal pada masa yang akan datang, Khususnya dalam menyiapkan sumber daya Manusia pengelola Museum.
Diakhir Sambutannya Bupati mengharapkan dengan kegiatan ini agar dapat menjadi wahana dan media untuk mengembangkan pengetahuan dan Kreatifitas bagi Para peserta Worshop untuk lebih mencintai Museum, yang berimplikasi terhadap adanya upaya pelestarian dan pemanfaatan benda – benda yang mengandung Nilai sejarah, budaya dan ilmu pengetahuan.
Sementara itu Panitia Pelaksana dalam Laporannya yang dibacakan Dra.Muslimah,Mpd Mengatakan Dasar Pelaksanaan kegiatan ini Mengacu pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran satuan kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Propinsi Sulawesi Tengah dan Program pengelolaan kekayaan Budaya Tahun Anggaran 2009.
Bentuk Kegiatannya berupa Worshop Permuseuman yang dilaksanakan selama sehari, dengan ruang lingkup materi kebijakan permuseuman dan dasar pengelolaan Tehknis Museum, Materi ini diharapkan akan menjawab berbagai persoalan – persoalan terhadap Dunia permuseuman pada umumnya dan pendirian Museum lokal pada khususnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar