Jalur Tranportasi Laut dan Udara di Poso Dihidupkan Lagi


Bupati Poso Tinjau Lokasi Dermaga Pelabuhan Poso
Poso - Upaya pemerintah daerah kabupaten Poso untuk menghidupkan kembali jalur transpotasi, baik darat, udara dan laut, adalah sebagai rangsangan agar para investor dapat menanamkan saham/modalnya di daerah kabupaten Poso. Sebab sejak Poso dilanda konflik beberapa tahun yang lalu, jalur transportasi ini tidak beroperasi lagi di daerah Kabupaten Poso.
Kini, setelah beberapa minggu yang lalu telah dioperasikannya jalur transportasi udara melalui penerbangan Merpati di bandara Kasiguncu Poso, kembali lagi dibukanya jalur transportasi laut di pelabuhan dermaga Poso.
“Pemerintah Pusat akan memberikan suntikan dana stimulus ke Pemda Poso sebesar 39 miliar rupiah untuk pelebaran dermaga dan bandara. Dan dari 39 miliar rupiah yang dananya turunnya bersamaan, 18 miliar rupiah untuk pelebaran bandara 1.850 meter,” ucap Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM saat meninjau langsung sebuah kapal N.S Esparanza dari Negara Cina dengan tujuan Poso, yang mengangkut bahan materil untuk turbin milik PLTA Sulewana atau PT Poso Energy, di pelabuhan dermaga Poso, Minggu (22/3).
“Nantinya dalam waktu dekat ini Pemkab Poso juga akan mengupayakan mendatangkan kapal penumpang Tilongkabila milik PT Pelni, dan jenis lainnya. Sebab dananya pada tahun ini (2009) sudah dialokasikan baru Rp. 5 Miliar,” ungkap Bupati yang turut didampingi Kadis Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Poso Husni Moh.Kasim,SH.
Olehnya, Pemerintah Pusat melalui Pemda Poso terus berupaya mendongkrak perekonomian rakyat utamanya masyarakat Poso, agar masyarakat Kabupaten Poso tidak terisolir. “Terbukanya jalur udara dan laut ini adalah upaya pemerintah daerah kepada masyarakat utamanya para buruh, agar mereka bisa dipekerjakan. Dan ini salah satu cara untuk menghidarkan masyarakat dari kemiskinan,” terang Bupati Piet saat berdialog langsung dengan para buruh dan masyarakat di sekitar pelabuhan Poso yang juga saat mengamati pembongkaran muatan kapal N.S Esparanza di dermaga pelabuhan Poso.
Sehubungan dengan itu, Kabag Humas Setdakab Poso Amir Kiat, SH sebagai juru bicara Pemda Poso menambahkan, nantinya Senin (23/3) akan diadakan survey pembangunan dermaga Tentena dan dermaga Pendolo di Danau Poso dari Departemen Perhubungan Konsultan Pusat.
Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Amdjad Lawasa pada Peninjauan lokasi Dermaga Pelabuhan Poso ini, turut dihadiri para pejabat di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, anggota dewan Poso dan para elit Parpol di Kabupaten Poso serta masyarakat di sekitar pelabuhan Poso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar