PIET BUKA RAKOR PERSIAPAN KAMPANYE PEMILU 2009

Bupati Poso Membuka Rakor Persiapan Kampanye Pemilu 2009

Pelaksanaan rapat koordinasi (Rakor) persiapan kampanye menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2009 sebagai upaya untuk menyatukan/menyamakan persepsi, agar sebelum maupun saat menjelang kampanye dan pelaksanaan pemilu tidak akan mendapatkan kendala ataupun halangan baik dari segi teknis pengamanan maupun aturan dan ketentuan yang berlaku.
Saat pelaksanaan rakor tersebut, Ketua KPU Provinsi Sulteng yang diwakili Yasin Mangun,S.Sos, menyampaikan, kepada partai politik (Parpol) agar lebih siap dan menyusun jadwal kampanye, dan selalu berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik tingkat provinsi maupun kabupaten. Begitu pula pihak KPU Poso sebagaimana tim sosialisasi terpadu melakukan koordinasi dengan pihak keamanan baik Polri dan dinas terkait, melalui tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan kampanye, sehingga pelaksanaan pemilu nanti akan berjalan aman dan lancar.
Olehnya, Yasin Mangun mengatakan, sebagaimana aturan dan ketentuan yaitu pegawai negeri sipil (PNS) agar jangan terlibat saat dalam pelaksanaan kampanye, maupun melibatkan atribut/fasilitas yang berhubungan dengan aset-aset pemerintah.
Disamping itu Ketua KPU Poso Iskandar Lamuka,SH, juga menambahkan, KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum mempunyai tugas dan wewenang menyusun serta menetapkan pedoman yang bersifat teknis untuk tiap- tiap jadwal kampanye rapat umum pemilu tahun 2009 ini, berlangsung selama 21 hari mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 5 April 2009.
Menanggapi soal pegawai negeri sipil yang melakukan kampanye saat menjelang pemilu nantinya, Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM menghimbau, “agar jangan ada PNS yang terlibat kampanye, apalagi menggunakan atribut maupun fasilitas dan aset pemerintah pada pelaksanaan kampanye. Jika ada PNS yang terlibat, saya akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan dan ketentuan pegawai negeri sipil yang melanggar,” tegas Bupati Piet saat membuka rakor persiapan kampanye pemilu 2009, di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Rabu 25 Februari 2009.
Olehnya, Bupati mengharapkan, sebagai pengamanan saat pelaksanaan kampanye maupun pemilu nantinya, Pemda Poso memberikan kesediannya kepada Polisi Pamong Praja agar menjalan tugasnya sebagai aparat pemerintah, begitu juga kepada pemerintah kecamatan maupun lurah lurah, untuk mengambil bagiannya dengan menjaga situasi dan keamanan di wilayahnya masing-masing. Sehingga pelaksanaan kampanye dan pemilu kedepan nantinya bisa berjalan aman dan lancar, sesuai harapan kita bersama di Bumi Sintuwu Maroso Poso.
Rakor ini dihadiri unsur Muspida Kabupaten Poso, Ketua Panwaslu Kabupaten Poso, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Amdjad Lawasa,MM, para Asisten Setdakab Poso, kepala dinas, badan, dan bagian, serta para camat./*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar